nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecam Seleksi Honorer Masuk Got, DPRD DKI: Pecat Lurah Jelambar

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 00:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 15 338 2142237 kecam-seleksi-honorer-masuk-got-dprd-dki-pecat-lurah-jelambar-29QFZQcHit.JPG Honorer masuk got di Jalembar, Jakarta Barat (Istimewa)

JAKARTA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta diminta memberhentikan Lurah Jelambar, Agung Triatmojo dan jajarannya, gara-gara diduga meminta puluhan pegawai honorer K2 dan non-K2 masuk got di Jelambar, Jakarta Barat sebagai seleksi perpanjangan kontrak kerja.

Permintaan itu disampaikan anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Nasdem, Ahmad Lukman Jupiter kepada wartawan, Minggu (15/12/2019).

Baca juga: 4 Fakta Viral Honorer DKI Disuruh Masuk Got untuk Perpanjangan Kontrak

Menurutnya, menyuruh para pegawai honorer masuk got demi perpanjangan kontrak melanggar peraturan pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Hukum Disiplin PNS.

"Saya minta (Badan) Kepegawaian Daerah memecat Lurah Jelambar dan jajarannya karena melanggar peraturan tentang hukum disiplin PNS. Tidak melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada PNS dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab," kata Jupiter.

Ia mengecam tes perpanjangan masa kontra dengan menceburkan PPSU ke got. Menurutnyaitu merupakan tindakan yang tidak manusiawi.

"Perbuatan ini sangat tidak manusiawi, dan jangan melakukan perbuatan dengan semena-mena seperti budak, ini sudah pelanggaran HAM, serendah apa pun pekerjaan mereka, mereka memilik hak yang sama dan berhak mendapat perlindungan hukum yang sama. Setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak," tukasnya.

Baca juga: Pegawai DKI yang Suruh Honorer Masuk Got Dibebastugaskan

Sebelumnya puluhan honorer K2 dan non-K2 terekam kamera diminta masuk got di Jelambar, untuk diperpanjang kontrak kerjanya. Video aksi mereka viral di media sosial.

Pasca-viralnya video tersebut, pegawai yang menyuruh para honorer itu masuk got dibebastugaskan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini