Belasan Anak Ular Kobra Ditemukan di Kembangan, Warga Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 17 Desember 2019 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 338 2142836 belasan-anak-ular-kobra-ditemukan-di-kembangan-warga-diminta-jaga-kebersihan-lingkungan-71OxGdzYfq.jpg Petugas mengevakuasi anak ular kobra yang ditemukan di Kembangan, Jakarta Barat. (Foto : Ist)

JAKARTA – Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi mengimbau warga untuk rajin membersihkan rumahnya untuk mencegah munculnya ular kobra di lingkungan sekitarnya. Pasalnya, fenomena kemunculan hewan berbisa itu dikarenakan lingkungan yang tidak bersih.

"Kita berharap masyarakat waspada. Antisipasi tempat-tempat yang kemungkinan berkembang biaknya ular ya dibersihkan. Karena itu berhubungan dengan kebersihan wilayah, kebersihan lingkungan," kata Rustam kepada wartawan, Selasa (17/12/2019).

Ia berharap tak ada temuan ular lagi setelah masyarakat membiasakan hidup bersih. Ia meminta seluruh RW untuk aktif melaporkan setiap kemunculan ular-ular kobra di wilayahnya ke Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan terdekat.

"Kalau ada laporan lagi, mudah-mudahan tidak ada. Kita sudah perintahkan bukan cuma lurah, tapi RW juga. Misalnya di lubang-lubang, kaleng-kaleng bekas, pokoknya sarang ular. Nanti kan dibersihkan," ujarnya.

Ular kobra di Kembangan, Jakbar. (Foto : Ist)

Sebelumnya, sebanyak 18 anak ular kobra diamankan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Jakarta Barat. Belasan anak Kobra itu ditemukan di salah satu rumah warga, Jalan Langgar RT04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Kepala Seksi Operasional Suku DPKP Jakarta Barat Eko Sumarno mengatakan, belasan ular tersebut ditemukan bersarang di bekas kolam ikan.


Baca Juga : Bekas Kolam Ikan Jadi Sarang 18 Anak Ular Kobra di Kembangan

"Ada 18 anak-anak ular kobra ditemukan di bekas kolam ikan," kata Eko saat dikonfirmasi Okezone, kemarin.

Baca Juga : Ular Kobra Dua Meter Masuk Rumah Warga, Sempat Berkelahi dengan Kucing

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini