Share

Seorang Kakek di Muara Gembong Tewas Disengat Tawon Vespa

Wisnu Yasep, Okezone · Selasa 17 Desember 2019 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 338 2143004 seorang-kakek-di-muara-gembong-tewas-disengat-tawon-vespa-SlV7gZEOSP.jpg Ilustrasi Mayat (foto: Shutterstock)

BEKASI - Tawon predator berjenis Vespa Affinis memakan korban di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Seorang kakek bernama Sutarma meninggal dunia setelah disengat tawon vespa.

Kakek berusia 74 tahun itu meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan selama dua hari di rumah sakit, usai disengat tawon.

Baca Juga: Teror Tawon Vespa Sudah Menelan 19 Nyawa di Jawa Tengah

Menurut Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelematan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho, korban disengat tawon saat warga berupaya memusnahkan sarang tawon di Kampung Kedung Bokor, RT 001 RW 008, Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Adhi menerangkan, warga bernama Sukari (60) memusnahkan sarang tawon di atap rumahnya pada Rabu, 11 Desember 2019. Pemusnahan sarang tawon tersebut dengan cara disodok menggunakan bambu. Alhasil, tawon yang jumlahnya banyak itu berhamburan.

View this post on Instagram

Izin melaporkan evakuasi sarang tawon Tanggal 16 Desember 2019 Pukul : 11 : 30 WIB Tawon Vespa Affinis memakan korban jiwa di kab.Bekasi Sutarma Usia 74 th. Warga kp.Kedung bokor Rt.001/008 Ds.pantai mekar kec.muara gembong kab.bekasi, pada hari rabu tanggal 11 desember 2019 telah menjadi korban keganasan koloni tawon predator tersebut, korban sempat di larikan ke rumah sakit anissa cikarang dan menjalani perawatan, namun akhirnya korban menghembuskan nafas yg terakhir pada Tanggal 13 desember 2019.selain almarhum terdapat 5 warga setempat yg menjadi korban koloni tawon tersbut, diantaranya Anah usia (30th) Narsah (30th) Mila (15th) Linda (18th) komarudin (46th) Kronologi kejadian , pada saat pemilik rumah sukari (60th) berusaha memusnahkan sarang tawon yg berada di Wuwungan atap rumahnya dgn cara di sogrok menggunakan bambu, Hingga membuat koloni tawon tersebut berhamburan keluar dari sarang nya pd saat itu si korban melintas di bawahnya hingga menjadi korban sengatan koloni tawon predator tsb si pemilik rumah Berhasil menyelamatkan diri namun sayang si korban di karenakan Faktor usianya yg sdh tua tidak dapat menghindari dari keganasan serangan tawon tsb, hingga akhirnya harus di larikan ke rumah sakit karena terkena sengatan tawon predator tsb. PELAYANAN GRATIS 1X24 JAM !!! @ekasupriaatmaja @indonesiafirefighter @tribuncikarang @humas_kab_bekasi @urbancikarang @infotambun @infobekasi.coo @damkarhits @guecikarang #indonesianfirefighter #humas_kab_bekasi #damkarkabbekasi_ #lensapemadam #damkarhits #damkarindonesia112 #tribuncikarang #urbancikarang #infotambun #damkarkabbekasi @damkarkabbekasi_

A post shared by Satria Biru Kabupaten Bekasi (@damkarkabbekasi_) on

 

Dia menambahkan, tawon-tawon itu pun langsung menyerang warga sekitar, termasuk kakek Sutarma yang tengah melintas di depan rumah Sukari.

"Kebutulan ketika itu, kakek Sutarma lewat di bawahnya. Sang kakek mau ke warung. Padahal sebelumnya sudah diingatkan jangan lewat, tapi mungkin sudah berumur, tidak dengar sampai akhirnya dikerumuni tawon dan disengat," kata Adhi ketika dikonfimasi, Selasa (17/12/2019).

Setelah disengat tawon-tawon tersebut, kakek Sutarma langsung pulang, dan berendam di bak mandi. Di situ, lanjut dia, terlihat ada sekira 50 antupan tawon vespa.

"Di bagian badan dan tangan ada 30 titik sengatan dan 20 titik di kakinya," kata dia.

Baca Juga: Teror Tawon Vespa Sebabkan 19 Nyawa Melayang, Ilmuwan UGM Turun Tangan 

Setelah itu, kondisi kesehatan kakek Sutarma kian memburuk hinggaakhirnya dibawa oleh keluarga ke Rumah Sakit Anisa Cikarang. "Rabu masuk rumah sakit dan dinyatakan meninggal Jumat 13 Desember," ujar Adhi.

Berdasarkan keterangan dokter, racun tawon predator tersebut sudah mengganggu fungsi jantung.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini