Ada 50 Sengatan Tawon Vespa di Tubuh Kakek yang Tewas di Muara Gembong

Wijayakusuma, Okezone · Selasa 17 Desember 2019 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 338 2143030 ada-50-sengatan-tawon-vespa-di-tubuh-kakek-yang-tewas-di-muara-gembong-R8eRP3aQ6E.jpg Ilustrasi

BEKASI - Seorang pria tua warga Kampung Kedung Bokor RT 01 RW 08 Desa Pantai Mekar Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tewas usai disengat tawon jenis Vespa Affinis atau ndas. Korban, Sutama (74) tewas dengan lebih dari 50 sengatan tawon yang bersarang di tubuhnya.

Peristiwa nahas itu berlangsung pada Rabu 11 Desember 2019. Selain Sutama, terdapat 5 orang korban luka-luka lainnya akibat terkena sasaran amukan koloni tawon mematikan tersebut. Mereka adalah Anah (30), Narsah (30), Mila (15), Linda (18) dan Komarudin (46).

Kejadian bermula saat tetangga korban, Aminah (49), tengah berusaha menghancurkan sarang tawon yang berada di atas atap rumahnya, dengan cara menyodok menggunakan bambu. Upaya Aminah itu lantas membuat kawanan tawon berhamburan keluar dari dalam sarang.

Baca Juga: Seorang Kakek di Muara Gembong Tewas Disengat Tawon Vespa

"Iya disodok-sodok pakai bambu, makanya tawon-tawon itu keluar karena terganggu sarangnya," kata Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi, AKP Sunardi kepada awak media, Selasa (17/12/2019).

Alhasil, Aminah bersama warga lainnya di sekitar lokasi, termasuk korban, menjadi sasaran amukan tawon yang mengamuk. Namun tak seperti korban lainnya yang berhasil kabur, Sutama nyaris tak bisa menghindar lantaran tubuhnya yang sudah renta. Ia pun mendapat sengatan bertubi-tubi dari predator ganas tersebut.

"Korban bersama beberapa orang lain yang ada di bawah ikut diserang kawanan tawon. Cuma karena faktor usia, korban jadi sulit menyelamatkan diri," ungkapnya.

Tawon Vespa

Korban yang mendapat lebih dari 50 sengatan tawon, kemudian dilarikan ke RS Annisa Cikarang untuk mendapat pertolongan. Namun setelah dua hari dirawat intensif, korban akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

"Korban meninggal dunia pada Jum'at 13 Desember 2019 setelah dirawat sekitar dua hari," ujar Sunardi.

Sementara sisa-sisa sarang tawon yang berada di lokasi, telah dievakuasi oleh petugas Damkar Kabupaten Bekasi. Terkait kejadian ini, kepolisian mengimbau kepada masyarakat agar menghubungi pihak-pihak terkait jika kembali menemukan sarang tawon, dan tidak bertindak sendiri.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini