nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Jaya Pertebal Pengamanan di 57 Gereja saat Natal

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 18 Desember 2019 10:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 18 338 2143299 polda-metro-jaya-pertebal-pengamanan-di-57-gereja-saat-natal-E5maJyx29t.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Polda Metro Jaya melakukan penebalan pengamanan di 57 Gereja saat perayaan Natal 2019. Pasalnya, 57 tempat ibadah umat kristiani itu menjadi prioritas penjagaan aparat kepolisian.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan, gereja yang menjadi prioritas mengamanan adalah yang berdampingan dengan tempat ibadah agama lain.

"Ada beberapa gereja yang kami skala prioritas, ada 57 gereja yang memang berdekatan dengan tempat ibadah lain," kata Yusri dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

 Baca juga: Polri: Tol Trans Sumatera Siap Hadapi Libur Nataru

Selain itu, pihak kepolisian turut dibantu pihak lain dalam melakukan pengamanan. Salah satunya, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nadhatul Ulama.

"Kami juga berkoordinasi dengan teman-teman ormas salah satunya banser kita sepakat mengamankan malam Natal," ujar Yusri.

 Baca juga: Amankan Nataru 2020, Polisi: Tak Ada Penambahan Personel di Papua

Yusri mengimbau pada masyarakat yang hendak merayakan Natal di gereja tidak membawa tas berukuran besar. Hal tersebut dilakukan guna memperlancar proses pemeriksaan pada saat masuk ke dalam gereja.

"Kami sterilisasi dari tim gegana. Kita sampaikan panitia gereja untuk menyampaikan kepada jemaat sebaiknya tidak membawa tas besar. Pada saat pemeriksaan nanti bisa memperlancar, kalau membawa tas kan memakan waktu," papar Yusri.

Sebelumnya, pihak kepolisian bakal mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Seluruh personel tersebut akan disebar di 95 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan yang berfungsi untuk memantau keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu Polda Metro Jaya juga akan menggelar apel pengamanan sebagai persiapan untuk mengamankan jalannya Natal dan Tahun Baru. Apel tersebut akan berlangsung pada tanggal 23 Desember 2019.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini