Wali Kota Depok: Marak Ular Kobra karena Pembangunan di Areal Sawah

Wahyu Muntinanto, Okezone · Rabu 18 Desember 2019 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 338 2143465 wali-kota-depok-marak-ular-kobra-karena-pembangunan-di-areal-sawah-uknEBSy3oy.jpg Wali Kota Depok, Mohammad Idris (foto: Okezone.com)

DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad mengerahkan aparatur sipil negara untuk menyikapi soal fenomena kemunculan ular yang dianggap sudah sangat meresahkan masyarakat di Kota Depok, Jawa Barat. Nantinya Camat dan Lurah akan berkoordinasi mengatasi permasalahan di lapangan agar tidak lagi jatuh korban gigitan ular berbisa

"Kita harus koordinasi dengan camat dan lurah untuk tindakan tepatnya. Terapinya bagaimana, kami siapkan di RSUD," kata Mohammad Idris di Depok, Rabu (18/12/2019).

 Baca juga: 30 Cangkang Ular Kobra Ditemukan di Perumahan Bekasi, Petugas: Sudah Ditangkap Semua!

Menurut Idris, banyaknya ular ke wilayah permukiman penduduk lantaran faktor alam, salah satunya yaitu maraknya pembangunan tempat tinggal di area persawahan. Dimana seharusnya lingkungan persawahan menjadi habitat ular.

"Emang ini masalah alam saja, kemudian masalah kebersihan. Dengan bangunan di sawah, ini (habitat) ular pindah," jelasnya.

 Baca juga: Teror Anak Ular Cobra Landa Ngawi, 11 Ekor Ditangkap dari Rumah Warga

Sejauh ini setelah jatuh korban akibat patukan bisa ular, Pemkot Depok akhirnya menggandeng komunitas pencita reptil untuk mengantisipasi munculnya ular kobra. Ia pun mengimbau agar permukiman warga selalu dibersihkan sehingga tidak menjadi sarang ular.

"Jangan kotor juga. Rumah yang kotor harus dibersihkan," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini