nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percaya kalau Garam Bisa Usir Ular? Simak Mitos dan Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 15:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 19 338 2143847 percaya-kalau-garam-bisa-usir-ular-simak-mitos-dan-faktanya-ymhoz9LnhW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TEROR ular kobra yang melanda pemukiman warga di Jabodetabek marak diperbincangkan sejak beberapa waktu lalu. Banyak warga yang takut dengan hewan yang satu ini, karena bisanya yang mematikan.

Meski demkian, masyarakat diimbau tidak terlalu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir ular kobra yang berpotensi masuk ke wilayah tempat tinggal anda. Merangkum dari berbagai sumber seperti situs quickanddirtytips dan media sosial lainnya, berikut mitos dan fakta seputar ular.

Garam tidak efektif untuk mengusir ular

Ular masuk dalam kategori reptil bukan moluska. Hewan yang satu ini sama sekali tidak takut dengan garam, jadi percuma saja apabila Anda menaburi garam di sekeliling rumah dalam upaya menangkal datangnya ular.

Ular masuk dalam kategori reptil bukan moluska.

Gunakan cuka

Tak sedikit rumah penduduk memiliki kolam renang di dalamnya. Nah beberapa ular sangat menyukai lingkungan yang basah dan lembab sehingga kerap muncul di dekat kolam renang.

Nah cara efektif untuk menangkalnya adalah dengan menuangkan cuka putih. Ular kobra dan ular lainnya bisa menyerap cairan dengan kulitnya, sehingga mereka akan menghindari cuka tersebut.

Gunakan rambut manusia untuk mengusir ular

Percaya atau tidak, ular juga tidak menyukai manusia. Jadi Anda bisa memberitahukan keberadaan manusia dengan meletakkan rambut di sekitar pintu masuk rumah. Ular akan mencium bau manusia dan pergi menjauh dari tempat itu.

 Ular akan mencium bau manusia dan pergi menjauh dari tempat itu.

Ular masuk area rumah karena tertarik dengan makanan

Peneliti Ular, dr. Tri Maharani menyebutkan bahwa ular masuk ke rumah warga karena ketersediaan makanan seperti katak, tikus dan unggas. Ular tidak bisa diusir dengan garam, ijuk, wangi-wangian sebab bahan kimia tidak bisa menjadi reppelent untuk ular.

Menurut Guideline WHO 2016 cara satu-satunya untuk mengsusir ular adalah membersihkan rumah, dan pastikan jangan sampai makanan yang dibutuhkan ular tersedia di tempat itu.

Ular masuk rumah artinya ada pertanda buruk

Dari sisi spiritual, masuknya ular ke dalam rumah bisa menjadi pertanda buruk. Pakar Spiritual, Mbah Mijan menyebut masuknya ular ke dalam rumah bisa menjadi pertanda jin dan iblis. Mereka bisa dalam wujud seekor ular.

Terlebih jika ular yang masuk tersebut menghilang dengan sendirinya, dipercaya itu adalah jelemaan jin atau iblis. Cara untuk mengusir serangan ular gaib ini adalah berdzikir sambil melemparkan garam ke tempat terakhir ular tersebut berada.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini