nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Kobra, Ini Deretan Ular Mematikan Lain Koleksi Indonesia

Ummu Hani, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 12:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 20 338 2144181 selain-kobra-ini-deretan-ular-mematikan-lain-koleksi-indonesia-QCnbeBYd4b.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM beberapa minggu ini wilayah Jakarta dan sekitar seakan sedang diteror oleh ular kobra. Banyak anak-anak ular kobra masuk ke perumahan pada penduduk, dan mulai membuat resah masyarakat.

Memang memasuki musim hujan tentu udara berubah menjadi sangat lembab. Di musim inilah waktunya ular kobra dan ular lainnya berkembang biak. Mereka biasanya mencari tempat yang lembab, untuk menetaskan telur-telurnya.

Ular kobra sendiri, dikenal dengan bisanya yang berbahaya. Jika tidak ditangani dengan cepat, bisa ular kobra akan menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan kematian.

Tapi tahukah Anda, selain ular kobra ada beberapa jenis ular berbisa berbahaya yang mematikan. Mengutip greenschool.org dan beberapa sumber lainnya, berikut adalah beberapa jenis ular berbisa yang ada di Indonesia.

Ular Tanah

ular ini dengan cepat menyergap mangsanya.

Ular tanah adalah jenis ular beludak berbisa yang sangat agresif. Mereka predator penyergap yang jarang bergerak. Namun jika ada sesuatu yang bergerak di dekatnya, ular ini dengan cepat menyergap mangsanya.

Gigitan ular ini tidak terlalu fatal dan jarang menimbulkan kematian. Namun dapat menimbulkan pembengkakan dan disfungsi pada bagian tubuh sehingga harus diamputasi. Disfungsi tidak akan terjadi apabila penanganan cepat dengan menyuntikkan cairan anti-bisa.

Ular Kraits

Ular ini adalah salah satu hewan kanibal yang memakan sesama jenisnya.

Ular kraits memiliki panjang 1-2 meter. Mereka memiliki bisa yang sangat beracun sehingga ketika menggigit, mangsanya hanya memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk bertahan hidup. Ular ini adalah salah satu hewan kanibal yang memakan sesama jenisnya.

Ular Kobra

dan memipihkan lehernya ketika merasa terancam dan membentuk seperti sendok.

Ular sendok atau biasa dikenal sebagai ular kobra umumnya memiliki warna yang bervariasi seperti hitam, coklat, dan hijau. Mereka aktif dan bergerak cepat. Ular kobra akan menegakkan dan memipihkan lehernya ketika merasa terancam dan membentuk seperti sendok.

Ular kobra melumpuhkan mangsanya dengan menggigit dan menyuntikkan bisa neurotoksin pada mangsanya. Selain itu mereka juga mampu melumpuhkan mangsa degan menyemprotkan bisa ke mata.

Ular Death Adder

Ular yang tersebar di Papua ini mampu menyuntikkan sekitar 40-100 miligram (mg) racun saraf.

Ular yang tersebar di Papua ini mampu menyuntikkan sekitar 40-100 miligram (mg) racun saraf. Sekali gigitan dapat menyebabkan kegagalan fungsi pernapasan sehingga menyebabkan kematian hanya dalam waktu 6 jam.

Ular ini menyerang mangsanya secepat kilat. Serangan death adder merupakan salah satu serangan ular tercepat di dunia dengan waktu kurang dari 0,15 detik saja.

Ular Belcher

Ular belcher merupakan ular laut yang tersebar di perairan Maluku Utara dan Selatan.

Ular belcher merupakan ular laut yang tersebar di perairan Maluku Utara dan Selatan. Ular paling mematikan ini bisanya 100 kali lebih mematikan daripada ular lainnya yang hidup di darat.

Meskipun sangat mematikan, mereka tidak agresif dan jarang menggigit manusia. Ular belcher akan menyerang ketika merasa sangat terancam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini