nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peserta Nikah Massal saat Malam Tahun Baru di DKI Dapat Mahar Rp1 Juta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 17:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 20 338 2144375 peserta-nikah-massal-saat-malam-tahun-baru-di-dki-dapat-mahar-rp1-juta-4TSYs8mwea.jpg Sekda DKI, Saefullah. (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Sekda DKI Jakarta Saefullah mengatakan, pihaknya mempersiapkan dana Rp1 juta bagi peserta nikah massal di pesta malam Tahun Baru 2020. Acara kegiatan itu akan dihelat pada 31 Desember 2019, sekira Pukul 19.00 WIB.

Saat ini, lanjut dia, sudah terdaftar sebanyak 631 peserta yang berasal dari lima kota administrasi. Rinciannya adalah 490 pasangan sidang isbat nikah dan sisanya adalah pasangan nikah massal.

Sidang isbat nikah adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan agar memiliki kekuatan hukum. Biasanya sidang ini diadakan bagi pasangan yang pernikahannya belum dicatat negara, kehilangan buku nikah, atau menikah sebelum 1974.

"Peserta nikah massal masing-masing gratis biaya nikah langsung dapat surat nikahnya, kita kasih juga uang mahar Rp1 juta dan bingkisan pernikahan," kata dia Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Nikah massal di DKI. (Foto: Harits Tryan/Okezone)

Sementara itu, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat menjelaskan, acara nikah massal tahun ini berbeda dari biasanya. Sebab, kini kegiatan itu digelar di halaman Balai Kota Jakarta. Seperti diketahui, dari tahun 2017 kegiatan itu selalu dilaksanakan di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Lebih enak kita ngadain di sini (halaman Balai Kota). Pertama lebih nyaman tempat, kalau di sana (Thamrin 10) sudah agak gimana ya, kalau ini kan lebih indah, lebih bagus gitu," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini