nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sisir Permukiman, Ketua Tim Rescue Kritis Dipatuk Ular Kobra di Bintaro

Hambali, Jurnalis · Minggu 22 Desember 2019 03:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 22 338 2144761 sisir-permukiman-ketua-tim-rescue-kritis-dipatuk-ular-kobra-di-bintaro-kgYY70El68.jpg Ketua Tim Rescue Turandi terkulai lemah di rumah sakit usai dipatuk Ular Kobra (Foto: Okezone/Hambali)

TANGSEL - Ketua Tim Rescue Turandi (30) dipatuk ular jenis ular Kobra Jawa di Perumahan Pondok Kacang Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (21/12/2019) malam.

Kronologi kejadian itu bermula, saat sejumlah Tim Rescue yang merupakan Satgas dari Observer Reptil Tangerang melakukan penyisiran di area permukiman. Para aktivis datang ke lokasi karena diminta warga setempat, guna mendeteksi keberadaan ular untuk diamankan.

"Jadi, memang kita rutin menyisir area-area permukiman yang rawan peredaran ular, termasuk jenis Kobra," ucap Abdu Kholik, Juru Bicara Tim Rescue kepada Okezone di RSU Kota Tangsel, Jalan Pajajaran, Pamulang.

Baca Juga: Kemunculan Ular Kobra Sepanjang 1 Meter Hebohkan Warga Malang 

Dengan berbekal peralatan seadanya, mereka yang berjumlah sekira 10 orang berpencar ke beberapa titik. Turandi pun mencurigai keberadaan ular di semak belukar yang terdapat di permukiman warga. Lantas, dia mengarahkan tongkat penjepitnya ke rerimbunan semak.

"Begitu mau buka semak-semak, ternyata ular Kobra jJawa itu langsung nyerang matuk ke arah tapak tangan kirinya," ujar Kholik menuturkan kronologis kejadian berdasarkan keterangan personel Rescue di lokasi.

Ilustrasi Ular Kobra 

Racun bisa ular Kobra Jawa itu terbukti ganas, tubuh Turandi yang semula biasa-biasa saja seketika lunglai. Dia semakin lemas dan menggigil. Beruntung teman-temannya langsung melarikan ke RSU Tangsel.

"Kejadian sekira jam 20.30 WIB, setengah jam kemudian udah dirawat ke RSU. Tapi tadi muntah-muntah, tapak tangan kirinya bengkak," imbuh Kholik.

Petugas IGD RSU langsung melakukan penanganan darurat. Meski telah disuntik serum, kondisi Turandi belum menunjukkan peningkatan. Beberapa kali dia masih muntah-muntah, wajahnya pun kian terlihat memucat. Beberapa rekan dari Tim Rescue mulai ramai berdatangan menjenguknya.

"Ini baru pertama kali kejadian. Kalau kita sudah 2 bulan terakhir operasi, totalnya kalau wilayah Tangsel sudah ada 8 titik perumahan," ucapnya.

Baca Juga: Fakta Ular Kobra, Berkeliaran karena Ekosistem Terganggu 

Hasil operasi penyisiran malam ini, Tim Rescue berhasil mengamankan 2 ekor ular Kobra. Termasuk salah satunya adalah Kobra yang mematuk tangan kiri Ketua Team Rescue Observer Reptil Tangerang, Turandi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini