30 Rumah di Tangerang Rusak Diterjang Angin Kencang

Isty Maulidya, Okezone · Minggu 22 Desember 2019 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 22 338 2144903 30-rumah-di-tangerang-rusak-diterjang-angin-kencang-HL1YC08R9z.jpg Puluhan rumah di Tangerang rusak diterjang angin kencang. (Foto: Isty Maulidya/Okezone)

TANGERANG – Sebanyak 30 rumah warga yang berada di Desa Waliwis, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, Banten, rusak akibat diterjang angin kencang pada Sabtu 21 Desember 2019 malam. Kerusakan juga disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak kemarin malam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang Kosrudin menjelaskan bahwa tingkat kerusakan rumah-rumah itu beragam. Mulai rusak ringan hingga cukup parah. Kerusakan yang cukup parah diakibatkan tumbangnya pohon dan sebagian besar bangunan yang rusak merupakan bangunan semipermanen.

Baca juga: Warga Jambi Diminta Waspada Cuaca Ekstrem pada Desember-Januari 2020 

"Rumah-rumah itu mengalami kerusakan dengan berbagai tingkat. Mulai cukup parah seperti bangunannya ambruk tertimpa pohon tumbang ataupun yang ringan dan sedang seperti atap rumah lepas karena terjangan angin. Tapi, mayoritas bangunan yang rusak ini semipermanen," katanya, Minggu (22/12/2019).

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, dari 30 rumah yang mengalami kerusakan, 6 di antaranya rusak berat, 4 rusak sedang, dan 20 rusak ringan.

Baca juga: Waspada Angin Kencang dan Hujan Lebat di Jawa Tengah

Dari peristiwa itu, BPBD Tangerang telah memastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka. Mereka juga sudah bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan evakuasi warga dan membersihkan puing-puing bangunan.

"Dari kejadian ini tidak ada korban, baik yang luka ataupun jiwa. Kami pun tengah mengerahkan tim untuk mengevakuasi warga ke rumah warga lainnya atau sanak saudara yang tidak terdampak bencana alam ini, serta membantu membersihkan puing-puing rumah," ujarnya.

Dirinya juga mengimbau warga untuk tetap waspada akan adanya bencana susulan karena BMKG telah memperkirakan bahwa cuaca ekstrem masih akan berlangsung.

"Kita tetap minta agar masyarakat waspada, karena dikhawatirkan ada bencana susulan. Kita pun turut bersiaga dengan menerjunkan petugas ke lokasi bencana," ungkapnya.

Baca juga: Hujan Angin, Puluhan Rumah Rusak dan Ratusan Pohon Tumbang di Yogyakarta 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini