Cuaca Buruk Jadi Penyebab 2 Pesawat Garuda Nyaris Tabrakan

Isty Maulidya, Okezone · Senin 23 Desember 2019 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 23 338 2145021 cuaca-buruk-jadi-penyebab-2-pesawat-garuda-nyaris-tabrakan-wN6PldXqPy.jpg Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Okezone)

TANGERANG - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengungkapkan hasil dari investigasi dua pesawat Garuda Indonesia yang nyaris bertabrakan di taxi-way Bandara Soekarno-Hatta pada 12 Desember 2019 lalu.

Polana menjelaskan peristiwa tersebut merupakan pengaruh dari cuaca buruk, sehingga komunikasi antara pilot dan petugas ATC terganggu. "Kejadian pada waktu itu sedang cuaca buruk, sehingga suara dari ATC agak terganggu," tutur Polana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Minggu (23/12/2019).

Baca Juga: Dua Pesawat Garuda Hampir Bertabrakan di Bandara Soetta 

Selain itu, Polana juga membantah kabar yang menyebutkan bahwa terjadinya peristiwa tersebut disebabkan oleh pilot yang kelelahan karena bekerja secara berlebih.

"Bukan karena pilot kelelahan karena bekerja overtime. Ini murni sistem yang terganggu akibat cuaca buruk," ujarnya.

Pesawat Garuda 

Terkait peristiwa tersebut, Polana menyatakan pihaknya telah memberikan wewenang kepada maskapai terkait untuk memberikam sanksi kepada pilot yang saat itu bertugas. "Soal sanksi, perusahaan yang memberikan sanksi sendiri kepada pilot," ujar Polana.

Diketahui sebelumnya, dua pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA649 rute Ternate-Bandara Soetta nyaris bertabrakan dengan pesawat GA246 rute Bandara Soetta-Banyuwangi.

Baca Juga: Kemenkeu Sampaikan Perkembangan Temuan 'Moge' di Pesawat Garuda Indonesia 

Insiden tersebut terjadi saat pesawat GA649 dari Ternate baru saja mendarat di Bandara Soetta. Sedangkan GA246 hendak menuju runaway untuk take off. Namun, pilot pesawat GA 649 salah mendengar arahan dari petugas.

Tabrakan akhirnya bisa dihindari karena kedua pilot melihat ada pesawat lain di depannya. Sehingga mereka menghentikan laju pesawat dan menunggu ada arahan selanjutnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini