nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arus Mudik Nataru, 5 Posko Kesehatan Didirikan di Tangsel

Hambali, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 08:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 338 2145048 arus-mudik-nataru-5-posko-kesehatan-didirikan-di-tangsel-AhSWS4aKDR.jpg Dinas Kesehatan Kota Tangsel. (Foto : Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN – Untuk membantu kelancaran arus mudik saat Natal dan libur Tahun Baru 2020, sejumlah Posko Pelayanan (Posyan) Kesehatan disiagakan di sejumlah titik di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Tercatat ada 5 lokasi Posyan Kesehatan yang tersebar di berbagai titik, yaitu di Bintaro Transpark, Pondok Aren; Pamulang Square; pos di kolong Flyover Ciputat; pos di perempatan German Centre, Kecamatan Serpong; serta pos di perempatan Muncul, Kecamatan Setu.

"Kita siapkan 5 Posyan (Kesehatan) yang siaga menghadapi perayaan libur Natal dan Tahun Baru," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Deden Deni, kepada Okezone, Senin (23/12/2019).

Deden menerangkan, keberadaan 5 Posyan itu menyatu dengan pos pengamanan oleh pihak kepolisian. Para petugas medis akan bersiaga selama 24 jam penuh. Setiap pos diisi 2 tim medis dan seorang sopir ambulans.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni. (Foto : Hambali/Okezone)

"Nanti tiap Posyan ada 3 petugas yang bersiaga. Mereka dilengkapi seunit ambulans. Kalau hari biasa, akan beroperasi dari jam 6 pagi hingga pukul 22.00. Nanti saat tepat malam Natal dan Tahun Baru, petugas bersiaga 24 jam penuh di semua Posyan," ucapnya.

Semua Posyan mulai beroperasi pada hari ini hingga usai pergantian tahun 2 Januari 2020. Para pengendara ataupun masyarakat umum tak perlu khawatir karena berbagai pelayanan kesehatan oleh tim medis dikerjakan secara gratis.

"Stok obat cukup. Jadi, bisa untuk umum baik masyarakat ataupun pengendara. Nanti jika harus dirujuk, kita sudah menyiapkan ambulans yang bisa mengantar ke rumah sakit terdekat," ucapnya.


Baca Juga : Imbauan Jelang Natal, PBNU: Jaga Kedamaian, Kebersamaan di Ruang Publik

Meski begitu, Deden melanjutkan, keberadaan Posyan tak berarti menggantikan fungsi Puskesmas yang tersebar di banyak wilayah. Semua fasilitas kesehatan tetap beroperasi normal. Bahkan, petugas medis dilarang untuk cuti saat perayaan Natal dan tahun baru.

"Semua beroperasi normal, bahkan enggak ada cuti saat Natal dan Tahun Baru," tuturnya.


Baca Juga : Kapolri dan Panglima TNI Cek Pengamanan Natal di Sulut

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini