nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mangsa Kucing, Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter Bikin Heboh Warga Pamulang

Hambali, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 13:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 23 338 2145168 mangsa-kucing-ular-piton-sepanjang-4-5-meter-bikin-heboh-warga-pamulang-H2cgZaQy37.jpg Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel menangkap ular piton sepanjang 4,5 meter muncul di permukiman warga Pamulang. (Ist)

TANGERANG SELATAN – Seekor ular piton sepanjang sekira 4,5 meter ditangkap petugas Rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Informasi yang dihimpun, mulanya penemuan ular piton itu dilaporkan pada Minggu 22 Desember 2019, sekira pukul 20.00 WIB, oleh warga Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI), Pamulang, Tangsel.

"Jadi dilaporkan ke kita setelah hujan lebat kemarin malam. Kita datang ke lokasi dengan jumlah 8 personel penyelamatan," ujar Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi, kepada Okezone, Senin (23/12/2019).

Begitu tiba di lokasi, personel Rescue langsung melakukan penyisiran ke beberapa titik yang dilaporkan sebelumnya. Disebutkan warga, ular piton itu sebelumnya sempat memakan seekor kucing dewasa sebelum akhirnya pergi memasuki gorong-gorong saluran air.

"Menurut warga ular itu habis makan kucing makanya langsung heboh. Tim kita langsung menyisir gorong-gorong itu," ucap Uci.

Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel menangkap ular piton sepanjang 4,5 meter yang muncul di permukiman warga Pamulang. (Ist)

Tak beberapa lama, petugas mendapati piton tengah bersembunyi di balik gorong-gorong. Dengan peralatan seadanya, ular berhasil diangkut ke permukaan lalu diamankan dan dibawa ke kantor Damkar Tangsel di bilangan Serpong Utara.

"Sembunyi di balik gorong-gorong, lalu kita tangkap dan dibawa ke kantor," ucapnya.

Uci melanjutkan, dari postur diameter fisiknya yang cukup besar, belum bisa dipastikan apakah ular piton itu sempat memakan kucing atau hewan warga lainnya. Jika diperkirakan, beratnya sendiri mencapai sekira 30 kg lebih.

"Memang ularnya besar. Jadi kalau habis makan kucing itu bisa jadi benar, karena tidak terlalu kelihatan dengan bentuk diameter tubuhnya yang besar," katanya.

Belum diketahui dari mana sumber munculnya ular piton ke tengah pemukiman warga. Uci menduga, ular itu terbawa derasnya arus akibat hujan yang turun atau faktor lain disebabkan rantai makanannya terganggu hingga keluar menyasar permukiman warga.


Baca Juga : Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Ditangkap saat Hendak Mangsa Ayam di Kulonprogo

"Bisa jadi terbawa arus, atau bisa juga kan biasanya ular makan tikus atau sejenisnya. Saat rantai makanan itu berkurang, dia akan berburu hingga keluar dari sarangnya," tutur Uci.

Hingga saat ini, ular piton masih diamankan di Kantor Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel. Rencananya, ular akan segera diserahkan kepada komunitas pencinta reptil untuk ditangani.


Baca Juga : Tangkap Ular yang Masuk Rumah, Pria di Bogor Dipatuk hingga Dirawat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini