8.198 Personel Gabungan Siaga Amankan Gereja di Jakarta Pusat

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 24 Desember 2019 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 338 2145476 8-198-personel-gabungan-siaga-amankan-gereja-di-jakarta-pusat-6Ecjw0xs1N.jpg Ilustrasi Pasukan Gabungan TNI-Polri (foto: Okezone)

JAKARTA - Sekira 8.198 personel gabungan bakal diterjunkan untuk melakukan pengamanan kegiatan Natal dan Tahun Baru di wilayah Jakarta Pusat.

Kabagops Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wiraga Dimas Tama menuturkan ribuan personel tersebut akan diterjunkan mulai 23 Desember hingga puncak perayaan Tahun Baru Januari 2020 mendatang.

Baca Juga: Arus Mudik Nataru, Tol Japek KM 47 Diberlakukan Contraflow

Sterilisasi Gereja Katedral, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak K9 

"Kami terjunkan baik menggunakan seragam maupun tidak akan ditempatkan di beberapa titik," kata Wiraga kepada wartawan, Selasa (24/12/2019).

Wiraga menuturkan dari ribuan personil gabungan itu bakal disebar di beberapa gereja dan titik-titik keramaian. "Seperti biasa dalam operasi lilin ini, kami menyebar petugas di beberapa titik, seperti gereja-gereja dan titik-titik keramaian," ungkapnya

Dia menambahkan, untuk memaksimalkan perayaan Natal, maka pihaknya juga menggandeng pengamanan dalam gereja, hal itu untuk mengantisipasi adanya gangguan dalam pelaksanaan ibadah Misa nanti.

Baca Juga: Hari Ini Ganjil-Genap Kendaraan Tidak Diberlakukan 

"Kami kerjasama dengan petugas pengamanan dalam. Mengamati pengunjung jemaat yang masuk, sterilisasi area, mengimbau mobil yang mencurigai," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengantisipasi adanya potensi ancaman serangan teror maupun kejahatan jalanan. "Kami melakukan kegiatan preveentif. Antisipasi kegiatan tawuran. Kalau Natal untuk terorisme kami penggalangan. Seperti melibatkan Bhabinkantibmas, dan Gegana juga," tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini