Dishub DKI Pastikan Seluruh Bus yang Berangkat dari Jakarta Laik Jalan

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 338 2146073 dishub-dki-pastikan-seluruh-bus-yang-berangkat-dari-jakarta-laik-jalan-4tzXGDOzB9.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan seluruh bus yang mengangkut penumpang saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 telah laik jalan. Kepastian itu didapat setelah Dishub melaksanakan pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check sejak 20 November hingga 18 Desember 2019.

“Jadi untuk seluruh bus yang berangkat dari Jakarta itu sudah dilakukan inspeksi keselamatan atau ramp check,” kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada Okezone, Kamis (26/12/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya mendata ada sekira 1.777 bus yang beroperasi selama liburan Nataru. Dari total jumlah bus itu, saat pihaknya melakukan pemeriksaan hanya sekira 30 persen yang terbilang laik jalan. Oleh sebab itu, pihaknya langsung menyurati seluruh operator bus untuk segera memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Jadi kebanyakan yang (kurang) dari ban. Ban menggunakan (bahan) vulkanisir. Sementara dalam ketentuan tidak boleh,” ujarnya.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ia menyebut, bus diizinkan beroperasi apabila rem, setir, dan lampu berfungsi dengan baik. Selain itu bus juga wajib dilengkapi alat pembersih kaca depan kendaraan, alat pemecah kaca, hingga APAR.

"Itu mutlak, kami tidak akan memberangkatkan sebelum bus tersebut sesuai dengan standar keselamatan dan kelaikan operasi," kata Syafrin.

Menurut dia, ramp check merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan pengguna angkutan umum sekaligus untuk mengurangi angka kecelakaan.

"Pemeriksaan kendaraan untuk memastikan armada yang disiapkan PO itu laik jalan. Kegiatan ini adalah upaya dalam rangka menjamin keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran penumpang selama operasi Nataru 2019/2020," katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini