nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.150 Satpol DKI Amankan Pesta Tahun Baru di Ibu Kota Bebas dari PKL

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 08:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 26 338 2146089 1-150-satpol-dki-amankan-pesta-tahun-baru-di-ibu-kota-bebas-dari-pkl-18LdWn51AU.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Sebanyak 1.150 Satpol PP DKI Jakarta diterjunkan untuk mengamankan malam perayaan Tahun Baru 2020 pada 31 Desember 2019. Petugas akan memastikan acara terbebas dari pedagang kaki lima (PKL). Ribuan personel itu akan disebar di lima lokasi panggung hiburan yang berlokasi di kawasan Jakarta Pusat.

“Satpol PP 1.150 anggota yang bertugas pada malam hari itu sesuai agenda acaranya. Pertama kita tempatkan di pusat yang pertama Balai Kota. Ada Kegiatan nikah massal. Kemudian sepanjang Medan Merdeka Selatan dan Patung Kuda. Di mana di patung kuda di pintu barat monas ada panggung, maka anggota kita juga ada di situ membantu,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin kepada Okezone, Kamis (26/12/2019).

Arifin mengatakan, pihaknya juga menempatkan petugas di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin yang merupakan lokasi Car Free Night. Nantinya, seluruh personel yang ditempatkan di sana akan membantu jajaran Dishub DKI dalam mengatur rekayasa lalu lintas.

“Pola pengamanan yang kita terapkan tidak jauh berbeda gunakan dengan pola CFD. Di mana ada aturan-aturan, titik-titik itulah di panggung-panggung itu barat timur HI, Taman Budaya, anggota-anggota kita masuk ke situ. Ya gitu sampai acara selesai, sampai di buka kembali,” ujarnya.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Sebagai informasi, kegiatan itu akan dimulai sejak pukul 17.00 – 24.00 WIB. Dasar pelaksanaan kegiatan adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.

“Untuk acara panggung hiburan terdapat di halam Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas,” kata Sekda DKI Jakarta, Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

Selain menggelar panggung hiburan di sepanjangan Jalan Sudirman – Thamrin, adapula pertunjukan musik di tepi Timur dan tepi Barat di empat lokasi.

“Itu di Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, Trotoar Depan Sarinah. Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB,” ujar Saefullah.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini