Puluhan Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di TMII

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 338 2146204 puluhan-warga-saksikan-gerhana-matahari-cincin-di-tmii-tehTM83sPu.jpg Ilustrasi Gerhana Matahari (Foto: Daily Hive)

JAKARTA - Puluhan masyarakat berkumpul di Pusat Peragaan (PP) IPTEK TMII untuk menyaksikan fenomena alam, Gerhana Matahari Cincin (GMC). Meski cuaca sedikit panas, hal itu tak menyurutkan semangat mereka untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, masyarakat nampak memenuhi lantai 3 atau atap gedung PP IPTEK. Ada tiga teleskop yang disiapkan untuk menyaksikan fenomena itu. Mulai anak-anak hingga orang dewasa silih berganti melihat langsung dari dalam teleskop.

Staf Sub Divisi Program Pendidikan PP IPTEK, Sri Wahyu Cahya Ningsih mengatakan GMC yang bisa disaksikan dari PP TMII tidak 100 persen atau hanya 72 persen. Dengan begitu GMC yang terlihat tidak ful membentuk cincin.

"Untuk di Jakarta kita ga bisa lihat cincinnya, luas area matahari yang tertutup hanya 72 persen. Jadi bentuknya sabit," kata Sri di lokasi, Kamis (26/12/2019).

gerhana
(Foto: Ilustrasi Gerhana Matahari)

Baca Juga: Masyarakat Bengkulu Hanya Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin Sebagian

Ia menjelaskan GMC sendiri hanya bisa disaksikan sejak pukul 10.42 WIB hingga 14.23 WIB. Namun puncak maksimal GMC sendiri untuk di TMII sekira pukul 12.36 WIB.

"Eggak terlalu gelap, kayak senja, kalau cerah kayak orange mau magriban tapi nggak sampe gelap banget sih karena kita kan sebagian," tuturnya.

Sementara itu salah seorang warga Abay (25) mengaku baru kali ini menyaksikan langsunh GMC. Ia mengaku penasaran ingin melihat langsung bagaimana bentuk GMC tersebut. "Penasaran aja makanya dateng. Seru sih untuk gak mendung jadi keliatan," tururnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini