nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Ton Sampah Sumbat Bendung Koja Jatiasih, Pemkot Bekasi: Akibat Hujan di Depok-Bogor

Wijayakusuma, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 13:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 30 338 2147392 puluhan-ton-sampah-sumbat-bendung-koja-jatiasih-pemkot-bekasi-akibat-hujan-di-depok-bogor-aew2IPtpo9.jpg Bendung Koja Jatiasih (Foto: Okezone/Wijayakusuma)

BEKASI - Puluhan ton sampah kayu dan bambu yang menyumbat bendungan Koja Kali Cikeas, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, sudah yang ketiga belas kalinya dalam beberapa bulan terakhir. Kondisi ini terjadi akibat hujan yang turun intens di wilayah Bogor dan Depok.

Petugas gabungan dari Pemkot Bekasi dan TNI masih kesulitan dalam mengevakuasi sampah yang menutup kali sepanjang 150 x 10 meter, dengan kedalaman 1,5 meter itu. Proses evakuasi pun terpaksa dilakukan secara manual.

"Ya kondisi ini karena beberapa hari terakhir kan hujan terus turun di wilayah Bogor dan Depok, sehingga sampah-sampah ini terbawa ke aliran sungai Cikeas," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto kepada Okezone, Senin (30/12/2019).

Baca Juga: Puluhan Ton Sampah Sumbat Muara CBL Bekasi

Kondisi kali Cikeas yang belum terkena revitalisasi selama hampir puluhan tahun, juga menjadi faktor penyebab sampah rentan tersumbat di kali tersebut. Hal ini diakui dapat memicu banjir yang mengancam warga sekitar.

Sementara Dandim 0507 Bekasi, Kolonel Inf Rama Pratama mengatakan ada 100 personil TNI yang diterjunkan ke lokasi untuk membersihkan tumpukan sampah di lokasi.

"Ini sudah hari kedua kita terjun membersihkan sampah-sampah di Kali Cikeas. Bendung Koja Jatiasih ini," ujarnya.

Bendung Koja Jatiasih

Rama menjelaskan proses evakuasi sampah terkendala kondisi jalan yang sempit dan kali yang curam.

"Kita lakukan secara manual, karena kondisi jalan yang terlalu sempit. Target sore ini selesai," ungkapnya.

Terkait masalah ini, Pemkot Bekasi secepatnya akan berkoordinasi dengan Pemkab Bogor dan Depok untuk penanganan ke depannya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini