Kali Bekasi Meluap Banjiri Permukiman Warga di Malam Tahun Baru

Wijayakusuma, Okezone · Rabu 01 Januari 2020 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 338 2148012 kali-bekasi-meluap-banjiri-permukiman-warga-di-malam-tahun-baru-rW6VwZlUmL.jpg Rumah warga di Bekasi yang kebanjiran (foto: Okezone.com/Wijayakusuma)

BEKASI - Debit air kali Bekasi terus mengalami kenaikan pasca mendapat kiriman air dari kali Cikeas dan Cileungsi, akibat hujan deras yang masih mengguyur di malam Tahun Baru hingga dinihari.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Jawa Barat, ketinggian air di kali Cileungsi bagian hulu mencapai 140 sentimeter, sedangkan pada bagian tengah mengalami kenaikan menjadi 220 sentimeter pada pukul 21.00 WIB.

"Untuk Pertemuan Cileungsi Cikeas (P2C) pada pukul 21.45 WIB, mencapai 550 sentimeter," kata Wakil Ketua Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono kepada Okezone, Rabu (1/1/2020).

 Baca juga: Hujan Deras, Jalan Penghubung 2 Kecamatan di Bogor Amblas

Ia menyebutkan wilayah hilir yang terdampak banjir akibat kenaikan Tinggi Muka air (TMA) Kali Bekasi, yakni di RT 04 dan 08 RW 03, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, dengan ketinggian air 30 sentimeter. Warga yang terdampak kurang lebih 5 KK.

"Juga di RT 04 RW 04, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, dengan ketinggian 60 sentimeter. Kartini RT 4 RW 3 Bekasi Timur banjir juga," ujar Karsono.

 Baca juga: Jelang Tahun Baru, 2 Rumah Rusak Tertimpa Pohon di Jepara

Pihaknya mengimbau bagi warga yang tinggal dekat bantaran kali Bekasi agar tetap waspada terhadap kemungkinan banjir yang lebih besar.

Sementara permukiman warga di Pangkalan 1A yang dilalui aliran kali Bekasi, juga diterjang banjir setinggi kurang lebih 1 meter. Banjir disebabkan air kali yang meluap dan menggenangi rumah-rumah warga.

"Air kali bojong kulur meluap. Rumah warga di RT 01 RW 06 terendam kurang lebih 1 meter. Air juga udah masuk ke area PT Dasa Windu Agung," kata Ketua RT 01 RW 10 Kelurahan Bantargebang, Samsudin saat dihubungi melalui seluler.

Menurutnya, sudah banyak warga terdampak yang mengungsi dari kediamannya. Namun tak sedikit pula yang memilih bertahan sampai hujan reda.

"Sebagian sudah mengungsi di tempat tetangga yang belum terkena banjir. Kalau saya alhamdulilah tidak kebanjiran karena di dataran tinggi," akunya.

Pantauan Okezone, luapan air kali Bekasi juga mulai naik ke saluran dan gang-gang di lingkungan RT 05 RW 04 Rawapanjang, Pekayon, Bekasi Selatan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini