Pertama dalam 13 Tahun, Perumahan Masjid Al-Umar Lubang Buaya Terendam Banjir

Ramdani Bur, Okezone · Rabu 01 Januari 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 338 2148075 pertama-dalam-13-tahun-perumahan-masjid-al-umar-lubang-buaya-terendam-banjir-yHYf0Kodx6.jpg Banjir di perumahan Masjid Al-Umar, Lubang Buaya, Jakarta Timur. (Foto: Okezone/Ramdani Bur)

JAKARTA – Untuk pertama kali dalam 13 tahun terakhir, banjir merendam perumahan Masjid Al-Umar yang berada di Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Dalam pantauan Okezone, ketinggian banjir mencapai dada orang dewasa.

Delapan rukun tetangga (RT) yang ada di rukun warga (RW) 12 kawasan tersebut, semuanya terendam banjir. Akibat banjir tersebut, warga pun mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Banjir di perumahan Masjid Al-Umar di kawasan Lubang Buaya, Jaktim. (Foto: Okezone/Ramdani Bur)

Banjir diantisipasi sangat baik oleh warga setempat dengan membangun dapur umum. Keberadaan fasilitas tersebut dimaksudkan untuk menyediakan konsumsi bagi warga RW 12 yang terkena musibah banjir.

"Ini pertama kali daerah sini terkena banjir, terhitung sejak 2007. Kami pun membuat dapur umum yang diperuntukkan bagi warga RT 8. Hanya saja, kami tidak melarang jika ada warga RT lain yang datang ke dapur umum," kata Bambang, Ketua RT 8 kepada Okezone, Rabu (1/1/2020).

Baca juga: Jakarta Timur Banjir, Sudin Damkar Sediakan 14 Titik Evakuasi

Akibat banjir, akses transportasi warga menuju jalan raya Pondok Gede pun terputus. Tak hanya itu, akses dari Pondok Gede ke arah Bekasi pun tidak bisa dilalui.

Ilustrasi foto banjir di Jakarta. (Foto: Okezone)

Hal ini karena jembatan molek yang menjadi penghubung antara Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat terendam banjir. Akibatnya, warga harus mencari jalan alternatif jika ingin menuju Bekasi dari arah Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Baca juga: Perjalanan Kereta Api dan KRL Terganggu Akibat Banjir, Cek Jalurnya di Sini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini