Ada Genangan 15-20 Cm, Sejumlah Lintasan Kereta Belum Dapat Dioperasikan

Achmad Fardiansyah , Okezone · Kamis 02 Januari 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 338 2148418 ada-genangan-15-20-cm-sejumlah-lintasan-kereta-belum-dapat-dioperasikan-GqB0WcIrDd.jpg Ilustrasi kereta rel listrik. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Banjir masih menerjang berbagai wilayah di Jabodetabek, termasuk sejumlah lintasan kereta rel listrik (KRL). Ketinggian genangan bervariasi, mulai 15 hingga 20 sentimeter (cm).

Salah satu jalur rel KRL yang terkena genangan air adalah di area PT KAI Daop 1 Jakarta. Akibatnya, masih ada sejumlah jalur yang belum dapat dioperasikan untuk perjalanan kereta.

Baca juga: Banjir di Jaktim dan Bekasi Mulai Surut, Warga Bersihkan Rumah 

"Di lintas Tangerang–Duri belum dapat beroperasi penuh karena terdapat genangan air di antara Batu Ceper–Rawabuaya dengan ketinggian sekitar 20 cm di atas kop rel," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Kamis (2/1/2020).

Ia melanjutkan, sementara di lintasan Kampung Bandan–Kemayoran, tepatnya di Km 3+1/2, ditemukan genangan dengan ketinggian mencapai 15 cm di atas permukaan kop rel.

Baca juga: Pintu Air Karet dan Angke Hulu Masih Berstatus Siaga 1 

"Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan kereta lintas Jatinegara–Bogor dan sebaliknya. Dari arah Bogor hanya dapat beroperasi sampai Stasiun Kampung Bandan," ungkapnya.

Sementara untuk lintasan kereta yang digenangi air tapi masih bisa dilalui kereta terdapat di jalur Citayam–Bojong Kilometer 41 dan jembatan rel KA di KM 26 antara Bekasi–Tambun.

Baca juga: Banjir Surut, Warga Berburu Ikan di Selokan 

"Ketinggian air kali sudah mencapai sekitar 150 cm di bawah kop rel. Dengan adanya pembatasan kecepatan tersebut maka akan terdapat waktu tempuh KA yang lebih panjang," bebernya.

Petugas pun mengimbau seluruh pengguna jasa kereta agar tetap memerhatikan keselamatan dan mengatur kembali keberangkatan.

Baca juga: Perum Pondok Gede Permai Terendam Banjir 5 Meter, Terparah di Bekasi 

"PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas kondisi sejumlah prasarana jalur rel yang belum dapat dioperasikan normal sepenuhnya dampak genangan air," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini