5 Tips Membersihkan Rumah Setelah Diterjang Banjir

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 02 Januari 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 338 2148520 5-tips-membersihkan-rumah-setelah-diterjang-banjir-732nFvq08x.jpg Ilustrasi. (Foto: Maidparade)

SETELAH banjir menerjang rumah, Anda pasti sibuk ingin segera membersihkannya. Ada tata cara yang bisa Anda terapkan supaya rumah bersih, bebas kuman dan kembali kinclong.

Maka, Okezone punya info tentang cara membersihkan rumah pasca-banjir yang bisa Anda praktikkan segera. Inilah 5 tips membersihkan rumah setelah diterjang banjir yang bisa Anda segera praktikkan.

1. Rapikan kembali perabotan yang berserakan

bersihkan rumah

Efek dari banjir tentu banyak perabotan rumah berantakan, terbolak-balik, maupun malang-melintang karena terseret air. Misalnya saja meja, kursi makan atau tabung gas yang bisa berpindah tempat dari dapur ke ruang tamu. Setelah air surut, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menata kembali letak perabotan tersebut agar memudahkan Anda membersihkan rumah.

2. Bersihkan rumah dengan air bersih dan desinfektan

Jika banjir sudah surut, segera bersihkan rumah dengan air bersih yang bisa ditambahkan cairan desinfektan ke dalamnya. Jika Anda kesulitan mendapatkan air bersih, maka upayakan untuk setidaknya mengeringkan terlebih dulu barang-barang yang terkena banjir.

Bersihkan seluruh area rumah dengan air bersih, utamakan area dalam rumah, setelah itu garasi dan pekarangan rumah.

Jangan ragu untuk memberi penanganan khusus pada barang-barang yang menyerap air banjir. Sebab, jika dibiarkan, benda-benda tersebut bisa menjadi sarang penyakit.

3. Cuci segera barang-barang yang lembap

Beberapa jenis barang seperti baju, kain, atau perabotan rumah antara lain karpet dan kasur yang terkena air banjir, akan menjadi lembap. Kalau sudah begini, cuci segera barang-barang tersebut dengan air panas dan jemur sampai benar-benar kering.

Pada kasus karpet, selain Anda mencucinya seperti biasa, gunakan juga desinfektan sebagai penyempurna pembersihan barang lembap tersebut. Tips ini juga bisa dilakukan untuk kasur yang sekiranya masih ingin dipergunakan.

4. Perbaiki barang elektronik

Terjangan air banjir akan membuat barang elektronik rusak atau tidak lagi bisa berfungsi seperti seharusnya. Kalau memang mengalami hal ini, Anda mesti sesegera mungkin perbaiki perabotan elektronik agar barang tidak semakin rusak.

5. Jangan abaikan dinding

Anda mungkin mengira lantai dan area lain sudah bersih, tapi kadang lupa dengan dinding. Ya, karena terjangan air banjir juga msngandung lumpur dan akan membuat dinding jadi penuh lumpur serta meninggalkan garis air. Kalau memang kondisi ini terjadi, bersihkan lumpur tersebut dengan air bersih dan desinfektan.

Namun, kalau kondisinya parah sampai ada beberapa dinding yang catnya rusak, tidak ada salahnya untuk mengecat ulang dinding. Tips ini juga sebagai upaya membersihkan rumah secara total dari musibah banjir, yang sebelumnya Anda alami.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini