nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambangi Korban Banjir di Cipinang Melayu, Menkes Tekankan soal Kebersihan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 15:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 02 338 2148529 sambangi-korban-banjir-di-cipinang-melayu-menkes-tekankan-soal-kebersihan-8mkTCjV7R7.jpg Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambangi korban banjir di Cipinang Melayu yang mengungsi ke Masjid Kampus Borobudur. (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambangi korban banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Kampung Makassar, Jakarta Timur, yang mengungsi di Masjid Universitas Borobudur, Kamis (2/1/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Terawan mengingatkan warga untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit yang biasa dialami saat banjir. Salah satunya diare.

Baca juga: Warga Cipinang Melayu Mengungsi ke Kampus Borobudur

"Paling sering adalah diare, karena lingkungannya, sanitasinya menjadi buruk," kata Terawan.

Banjir di Cipinang Melayu. (Foto: Dok Okezone)

Karena itu, Terawan mengimbau kepada para pengungsi untuk menjaga kebersihan. Di antaranya mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum makan.

"Kami menggalakkan gerakan cuci tangan atau paling tidak dari tangannya yang akan masuk ke mulut bisa dijaga kebersihannya," ucap Terawan.

Baca juga: 926 Warga Cipinang Melayu Mengungsi Akibat Banjir, 114 di Antaranya Balita 

Di sisi lain, Terawan menyoroti pula tentang kesediaan air bersih bagi para pengungsi untuk mencegah diare. Ia pun telah memerintahkan jajaran Kementerian Kesehatan untuk memerhatikan sanitasi.

"Tadi saya sudah cek, tangki-tangki airnya oke. Tangki untuk menyedot kotoran juga oke," tutur Terawan. (HAN)

(ABD)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini