Truk Bermuatan Bahan Baku Kaca Terbalik di Tol Japek, Lalin Sempat Tersendat

Alfina Nuraini, Okezone · Sabtu 04 Januari 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 04 338 2149205 truk-bermuatan-bahan-baku-kaca-terbalik-di-tol-japek-lalin-sempat-tersendat-cGZAZvFnTH.jpg Truk Bermuatan Soda Ash atau Bahan Baku Pembuat Kaca Mengalami Kecelakaan Tunggal di Tol Japek Ruas Dawuan (foto: Dokumentasi Jasa Marga)

JAKARTA - Sebuah dump truk bermuatan bahan baku kaca atau soda ash terbalik di KM 66+600, ruas Dawuan, Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Sabtu (4/1/2020) pagi. Lalu lintas sempat tersendat dampak kecelakaan tunggal tersebut.

"Kecelakaan terjadi di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pada pukul 06.00 WIB. Kecelakaan tunggal ini melibatkan sebuah kendaraan dump truk milik PT Hidup Agung Budi Lestari dengan nomor polisi B 9024 QZ," Kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Jalan Tol, Ibu dan 2 Anaknya Meninggal Dunia 

Dwi mengaku, akibat kecelakaan tersebut, dump truk yang dikemudikan Mulyadi (66) itu menabrak pagar pembatas jalan tol (guardrail), sehingga terbalik dan muatan truk berupa soda ash tumpah ke badan jalan sehingga harus dilakukan buka tutup bahu jalan dan lajur 1.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," jelas Dwimawan.

Melihat kejadian tersebut, petugas dari Cabang Jakarta-Cikampek, Polisi Jalan Raya (PJR) serta petugas langsung melakukan evakuasi dan pengaturan lalu lintas.

"Kecelakaan diduga akibat pengendara yang kurang antisipasi atau mengantuk, sehingga tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya dan menabrak guardrail dan berakibat pada terbaliknya dump truk yang dikendarai," lanjut dia.

Saat ini sedang dilakukan pemindahan muatan bahan baku kaca menggunakan alat berat (loader) untuk kemudian dilanjutkan evakuasi dump truk menggunakan Kendaraan Multi Guna (Komo).

Baca Juga: Polisi Sebut Sebagian Pesepeda Berada di Luar Jalur saat Kecelakaan 

Sementara pengguna jalan masih dapat melintasi titik lokasi kecelakaan dengan memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas karena diberlakukan pengaturan lalu lintas.

"Jasa Marga menegaskan pengguna jalan untuk beristirahat jika lelah atau pun mengantuk dengan memanfaatkan rest area, terutama bagi pengguna jalan yang menempuh perjalanan panjang," tutur dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini