nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Robohnya Gedung 4 Lantai di Slipi

Debrinata Rizky, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 07 338 2150190 fakta-fakta-robohnya-gedung-4-lantai-di-slipi-dBGqXRZ44A.jpg (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Sebuah Gedung 4 lantai di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, roboh pada Senin 6 Januari 2020. Bagian gedung menimpa sebuah minimarket yang berada di bawahnya.

Berikut fakta-fakta di balik ambruknya gedung 4 lantai di kawasan Slipi.

1. 11 Orang Terdampak

Direktur Operasional Basarnas, Brigjen TNI Budi Purnama mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pihaknya menyelamatkan sebelas 11 korban, hanya tiga orang yang mengalami luka-luka.

"Yang 3 evakuasi mandiri, 5 kita keluarkan dari lantai dua, 3 di luar gedung," kata Budi di lokasi.

Ketiga korban yang berada di luar gedung mengalami luka dan dibawa ke Rumah Sakit Tarakan dan Rumah Sakit Pelni.

Pantauan Terkini Gedung Roboh di Slipi

Ketiga korban luka-luka bernama Febriani (27), warga Tanjung Duren Raya Nomor 2 RT 10/2 Grogol Petamburan, Jakarta Barat; Muhammad Iqbal (37), warga Jalan Mangga IV, RT 001/02, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Selanjutnya Ervan Juliansyah (52), warga Kampung Gaga, Jalan Amil Abas, Nomor 92 RT 01 RW 01, Larangan Selatan, Tangerang.

2.Tidak Punya Saluran Pembuangan Air

Penyebab gedung berlantai 4 tersebut ambruk diduga karena tidak memiliki saluran pembuangan air. Hal itu menyebabkan lantai tiga dan empat lapuk dan keropos.

Pantauan Terkini Gedung Roboh di Slipi

"Selanjutnya posisi dinding gedung ini sendiri telah terjadi penyerapan air yang berlebihan, jadi untuk bagian lantai 4 dan 3 rata-rata plafonnya itu sudah terjadi rembesan air," kata Petugas Basarnas, Irfan.

3. Tidak Miliki IMB dan Izin Usaha

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta, Benny Chandra mengatakan, gedung empat lantai yang roboh ini tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin melakukan kegiatan usaha. Ia menyebut, bangunan tersebut merupakan bangunan lama.

Pantauan Terkini Gedung Roboh di Slipi

4. Gedung Diratakan

Sisa bangunan gedung empat lantai yang roboh diratakan dengan tanah untuk mencegah kembali jatuhnya korban akibat tertimpa reruntuhan puing-puing bangunan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini