nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Bekasi Targetkan Sampah Pasca-Banjir Rampung Diangkut Sepekan

Wisnu Yusep, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 16:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 07 338 2150269 pemkot-bekasi-targetkan-sampah-pasca-banjir-rampung-diangkut-sepekan-bLXQpnffyp.jpg Sampah di TPA Burangkeng (Foto: Okezone/Wijayakusuma)

BEKASI - Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto memastikan pengangkutan sampah di sejumlah titik di Kota Bekasi rampung tujuh hari ke depan pasca-banjir menerjang Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pada Rabu 1 Januari 2020. 

Diketahui, sejak hari ketiga banjir menerjang Bekasi terdapat sejumlah penumpukan sampah di pinggir jalan, yakni Jalan Underpass, Depan Perumahan, Kelurahan Duren Jaya RW-14-15, Margahayu dan Aren Jaya.

"Tujuh hari ke depan kita upayakan bersih semua," kata Tri kepada wartawan saat meninjau langsung terdampak banjir di Perumahan Pondok Hujau Permai, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Sampah Imbas Banjir Bekasi Capai 6.000 Ton

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Foto: Wisnu Yusep

Untuk itu, dia berpesan agar warga mengedepankan gotong royong dalam penanganan sampah banjir. Terutama dalam pengangkutan sampah di setiap titik terdampak banjir.

"Jadi, untuk menangani pengangkutan sampah ini, warga harus juga membantu petugas lapangan, yang sampahnya sulit ditempuh maka dekatkan dengan posisi truk, agar para petugas ini mudah," katanya.

Berdasarkan pantauan Okezone di sejumlah titik, saat ini sampah-sampah itu sedang diangkut baik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, maupun pihak kelurahan setempat.

Di Kelurahan Duren Jaya saja, pihak kelurahan yang berkoodinasi dengan DLH Kota Bekasi menyedikan lima truk berukuran besar. Truk-truk tersebut sengaja disiapkan agar pengangkutan sampah di Bekasi segera selasai.

"Mengenai truk sampah kita ada 20 unit dan ditambah lima truk bantuan," kata Lurah Duren Jaya Fredi Triansyah kepada Okezone.

Baca Juga: Pasca-Banjir, Sampah di Bekasi Melonjak hingga 200 Ton per Hari 

Dia pun meminta agar warga bergotong royong dengan petugas mengenai pengangkutan sampah ini. Karena, kata dia, masalah ini merupakan masalah bersama yang harus digerakan secara gotong-royong.

Dalam satu hari, petugas DLH mengangkut sampah banjir hingga 1.500 ton. Sampah itu di luar sampah rumah tangga yang sudah tidak bisa dipakai oleh warga. Hingga semalam saja, 6.000 ton sampah sisa banjir 1 Januari 2020 sudah berhasil diangkut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini