nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Minta Jajarannya Beri Peringatan Banjir dengan Cara Door to Door

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 13:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 338 2151428 anies-minta-jajarannya-beri-peringatan-banjir-dengan-cara-door-to-door-yGWFsJD7KC.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Dok Okezone/Fadel Prayoga)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada 8 hingga 12 Januari 2020 terjadi cuaca ekstrem di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Diperkirakan pada hari-hari itu intensitas hujan cukup tinggi dan terjadi angin kencang.

Mengenai perkiraan cuaca tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberikan imbauan kepada jajarannya untuk melakukan pemberitahuan mengenai peringatan banjir dengan cara door to door.

Baca juga: Diperbolehkan Anies, Pemkot Bekasi Buang Sampah Sisa Banjir ke Bantargebang 

Anies mencanangkan sistem pemberitahuan dari rumah ke rumah berdasarkan pengalaman banjir kemarin. Kala itu permukaan air naik pada waktu dini hari.

"Makanya itu kenapa diinstruksikan untuk turun langsung ke lapangan, door to door," ucap Anies ketika berada di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

"Tujuannya bila kejadiannya malam hari, apalagi dini hari, masyarakat tidak ngecek telepon, karena pemberitahuan lewat telepon tidak efektif. Kita akan lakukan di tempat yang memiliki risiko," lanjutnya.

Baca juga: Tak Peduli Nyinyiran Netizen, Anies Ingin Fokus Kerja Tangani Banjir 

Selain itu, antisipasi banjir telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menempatkan sebanyak 600 pompa air di kawasan rawan banjir.

"Lalu yang kedua, petugas-petugas dikerahkan melakukan pengecekan secara reguler dengan kampung-kampung yang di sana memiliki potensi mengalami rob. Itu yang terkait dengan utara," tutur Anies.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini