nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kadishub Depok: Denda bagi Pemilik Mobil Tanpa Garasi Rp2 Juta

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 07:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 11 338 2151688 kadishub-depok-denda-bagi-pemilik-mobil-tanpa-garasi-rp2-juta-gja9Osdr7b.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

DEPOK - Pemilik mobil tanpa garasi di Kota Depok, Jawa Barat akan dikenakan denda setelah revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan disahkan. Denda yang dikenakan Rp2 juta.

"Nilai denda administratif maksimum Rp2 juta bukan Rp20 juta seperti di Raperda usulan tahun 2019 lalu," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Dadang Wihana saat dihubungi, Sabtu (11/1/2020).

Denda maksimal Rp20 juta sebelumnya memang ada di dalam rancangan Perda yang diajukan Pemkot Depok terkait kepemilikan garasi. Namun, itu baru usulan.

Baca Juga: Denda bagi Pemilik Mobil Tanpa Garasi di Depok Diterapkan pada 2022

Ilustrasi

Menurut Dadang, denda bagi pemilik mobil yang tak memiliki garasi tidak langsung diterapkan. Ia menargetkan pada 2022 baru bisa diterapkan karena pada tahun pertama setelah revisi Perda Nomor 2 Tahun 2012 disahkan, Pemkot Depok masih akan menyusun regulasi berupa pedoman teknis dan mekanisme pengaturan.

"Kita sudah ada formula-formulanya tetapi belum bisa di publis dulu. Yang penting ada semangat kita untuk menghadirkan keteraturan di tengah warga," tuturnya.

Pada tahun kedua, pihaknya baru akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pasal dan sanksi yang khusus mewajibkan pemilik mobil memiliki garasi di Kota Depok. Bila sudah selesai semua, maka baru akan diterapkan sanksi berupa denda bagi pemilik mobil yang tak memiliki garasi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini