nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, Tidak Berdampak Banjir Rob di Penjaringan

Maulidia, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 13 338 2152228 pintu-air-pasar-ikan-siaga-2-tidak-berdampak-banjir-rob-di-penjaringan-45vaQOzd9x.jpg Banjir rob di Muara Angke (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Waspada status tinggi muka air Pasar Ikan, pada Senin (13/1/2020) pagi berstatus Siaga 2. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan sekira pukul 09.00 WIB. Tercatat ketinggian air mencapai 205 centimeter cuaca diperkirakan mendung.

"Pasar Ikan 205 cm/Mendung Tipis (Siaga 2)," tulis akun Twitter resmi @BPBD Jakarta.

BPBD pun manginformasikan beberapa wilayah yang kemungkinan terkena dampak banjir ROB seperti, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru, Kamal.

Dalam hal ini, BPBD juga menyampaikan informasi tersebut kepada warga yang tinggal di pesisir pantai utara Jakarta dan Pulau Seribu atas kenaikan tinggi muka air Pasar Ikan melalui media sosial. Pemberitahuan juga disampaikan kepada camat dan lurah melalui grup WhatsApp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Camat Penjaringan, Mohammad Andri mengatakan, pintu air Pasar Ikan Siaga 2 saat ini tidak berdampak banjir rob.

"Kalau pintu Pasar Ikan sering masuk Siaga 2, tapi tidak banjir dan tidak ada rob," kata Andri saat dihubungi Okezone.

 Banjir Jakarta

Andri melanjutkan, saat ini belum ada penanganan berlanjut selama pintu air Pasar Ikan Siaga 2 dan tidak mengakibatkan banjir di wilayahnya.

"Untuk penanganan kan tidak ada banjir, artinya memang pintu air Pasar Ikan sebetulnya masuk Pademangan itu bukan Kecamatan Penjaringan, tapi Kecamatan Pademangan. Tapi kalau Siaga 2 bukan berarti terjadi rob memang ketinggian air lautnya tinggi di daerah itu, tapi tidak terjadi rob," ujarnya.

Menurut Andri, untuk mengatasi dampak banjir rob dilihat dari seberapa tinggi air laut dan kondisi ketinggian pada pintu air.

"Pemberitahuan itu kalau levelnya sudah tinggi air laut, kita kan juga lihat kondisinya selain liat ketinggian di pintu air, pompa air, maupun rumah pompa Pasar Ikan. Kita juga lihat ketinggian air lautnya. Kalau siaga terhadap rob kita sudah sampaikan pada warga sekitar," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini