nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDAM TKR Bantah Jadi Penyebab Amblasnya Jalan di Daan Mogot

Isty Maulidya, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 338 2152231 pdam-tkr-bantah-jadi-penyebab-amblasnya-jalan-di-daan-mogot-isIyXRT8YM.jpg Jalan di Daan Mogot amblas. (Foto: Istimewa)

TANGERANG - Amblasnya jalanan di Daan Mogot Tangerang, Banten diduga karena bocornya pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang membuat kontruksi jalan rusak. Badan jalan yang terletak di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) SDN Inpres Tanah Tinggi tersebut amblas 2,5 meter.

"Jalanan amblas ini karena pipa PDAM Tirta Kerta Raharja bocor, yang membuat kontruksi jalan rusak dan amblas," kata Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, Senin (13/1/2020).

Namun hal ini dibantah pihak PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang. Humas PDAM TKR, Syamsudin menegaskan, amblasnya Jalan Daan Mogot karena pergeseran tanah yang terjadi di ruas jalan tersebut. Akibatnya pipa PDAM di area tersebut bocor.

"Amblasnya jalan tersebut (bukan) karena pipa PDAM TKR. Justru sebetulnya pipa kita bocor lantaran pergeseran tanah tersebut," kata Humas PDAM TKR, Syamsudin.

Syamsudin menyebutkan adanya gorong-gorong saluran air di area yang amblas. Gorong-gorong tersebut longsor dan menimpa pipa PDAM TKR sehingga menyebabkan kebocoran.

Foto: Istimewa

Dia juga menyatakan pihaknya siap memenuhi permintaan Pemkot Tangerang untuk merelokasi pipa air milik PDAM TKR. "Silakan direlokasi, kita juga kan sudah beberapa kali direlokasi ketika ada pembangunan kereta ya kita relokasi. Kemudian ada pembangunan jalan tol, kita relokasi juga, artinya kalau selama itu relokasi terus ada biaya kompensasi. Sebab, itu ada kepentingan mereka," ujarnya.

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Penghubung 2 Kecamatan di Bogor Amblas

Hanya saja dia menegaskan, relokasi harus dibarengi koordinasi yang baik dengan mengajukan surat ke PDAM TKR."Harus ada surat, kemudian apa rencana mereka, sehingga kita juga bisa merelokasinya. Sebenarnya pipa air milik PDAM TMR di daerah tersebut sudah direloksi, karena sudah beberapa kali pecah karena longsor," ucapnya.

Sebagaimana diberitakan, Jalan Daan Mogot, Tangerang, tepatnya disisi jalan yang berada di bawah JPO SDN Inpres Tanah Tinggi amblas sedalam 2,5 meter dengan diameter 3 meter. Saat ini, pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) tengah melakukan perbaikan pada jalur arah Tangerang tersebut. Tim BBPJN akan memotong jalan aspal untuk memberi ruang pada pihak PDAM dalam memperbaiki pipa yang bocor.

Sementara itu, Kepala BBPJN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hari Suko mengatakan, butuh waktu sekitar satu minggu untuk memperbaiki jalan yang amblas. Hal tersebut dikarenakan banyaknya untilitas di area tersebut.

"Pengerjaannya ini membutuhkan waktu selama sepekan, karena memang harus rapi dan hati-hati mengingat ada pipa air dan utilitas-utilitas lainnya. Disini kita juga meminta, agar dari setiap pemilik utilitas seperti PDAM, punya deteksi untuk memantau pipa di dalam tanah ini. Jadi, jika terjadi kebocoran jadi bisa terdeteksi cepat dan kita bisa lakukan pencegahan," ujarnya.

Selama perbaikan jalan tersebut, jalur untuk arah Tangerang sementara waktu akan ditutup dan diberlakukan rekayasa lalu lintas. Petugas juga akan disiagakan untuk mengurai kemacetan di jalur Jakarta-Tangerang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini