DPRD DKI: Sampah Penyebab Rusaknya Mesin Pompa Air di Jakarta

Sarah Hutagaol, Okezone · Senin 13 Januari 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 13 338 2152369 dprd-dki-sampah-penyebab-rusaknya-mesin-pompa-air-di-jakarta-DlAhr5lqqk.JPG Anggota DPRD DKI Jakarta gelar sidak ke rumah pompa di Jakarta (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menggelar inspeksi dadakan (sidak) ke sejumlah rumah pompa di wilayah Jakarta.

Ketua Fraksi Gerindra Rani Maulani menyayangkan jika penyedotan air oleh pompa yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta jadi terhambat akibat masalah sampah.

Hal tersebut disampaikannya usai mendengar keluhan salah satu penjaga pompa air ketika melakukan sidak ke Stasiun Pompa Air Kali Item bersama dengan anggota DPRD lainnya.

"Tadi di Kali Item, mereka juga melakukan, jadi setiap ada penyedotan air sampahnya harus diangkat. Setiap satu jam pada banyak sampah," ucap Rani saat ditemui di kawasan Kali Item, Jakarta Utara, Senin (13/1/2020).

Dalam tinjauannya tersebut, Rani mendapat penjelasan oleh petugas bahwa pompa rawan rusak dikarenakan sampah seperti plastik, balok kayu dan sampah rumah tangga yang membuat mesin pompa air tersumbat.

"Jadi, penyedot atau mesin rusak itu karena faktornya dari sampah yang tidak bisa dicerna mesin atau tersumbat. Katanya kemarin kalau sudah banjir banyak sekali sampah plastik dan balok kayu," paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, Gilbert Simanjuntak. Menurutnya, perlu kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena jika tidak, pompa air saja tidak bisa menyelesaikan masalah banjir.

"Jadi, bukan hanya penting pompanya, tapi kesadaran masyarakat juga penting. Jadi, jangan dianggap ditambahin pompa kemudian selesai persoalan," kata Gilbert menimpali.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini