nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Surut, Warga Bekasi Diteror Ular dan Buaya

Wisnu Yusep, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 23:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 338 2152503 banjir-surut-warga-bekasi-diteror-ular-dan-buaya-zenviGSsU1.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BEKASI - Warga Bekasi dihebohkan dengan temuan buaya dan ular. Di mana seekor buaya muara ditemukan di saluran air dekat pertokoan Jalan KH Noer Ali Kalimalang, Kota Bekasi, Minggu 12 Januari 2020. Sementara, petugas Damkar setempat juga menangkap 70 ular saat membantu membersihkan permukiman warga sejak 1 hingga 8 Januari 2020.

Buaya muara itu diperkirakan berukuran hampir dua meter dengan berat sekitar 60 kilogram dan berusia lima tahun. Ketika ditemukan, buaya itu dalam kondisi mulut terlakban dan ditutupi selimut.

Sementara ular juga kerap ditemukan di pemukiman warga. Tim Rescue Dinas Kebakaran Kota Bekasi, Jawa Barat jauh sebelum itu telah melakukan penangakapan ular di sejumlah wilayah di Kota Bekasi.

Namun, ketika memasuki awal tahun baru 2020, temuan-temuan ular di Kota Bekasi kian meningkat. Sejak awal tahun Rabu 1 Januari 2020, Tim Rescue Damkar Kota Bekasi telah menangkap 70 ular.

Banjir Bekasi

"Kalau dihitung dari tanggal 1 Januari sampai tanggal 8 Januari 2020, kami bekerja sama dengan temen-temen penyuka reptil, telah menangkap 70 ular," kata Tim Rescue Damkar Kota Bekasi, Eko kepada Okezone, Senin (13/1/2020).

Bila warga tidak membunuh ular-ular tersebut pasca banjir, pria yang karib disapa Eko Uban itu memperkirakan ratusan ekor ular yang berhasil ditangkap sepanjang awal tahun 2020.

"Kalau sebagian tidak dibunuh oleh warga, kemungkinan mencapai ratusan, hanya saja yang dibunuh warga itu tidak tahu pasti jumlahnya, karena banyak juga," kata dia.

Ular-ular yang berhasil ditangkap oleh Rescue Damkar Kota Bekasi dan pencinta reptil, kebanyakan jenis kobra. "Paling banyak kobra, selebihnya ular sawah, kadut, cabe, piton," kata dia.

Ular di Tambun

Kini puluhan ular dan seekor buaya itu sudah diserahkan ke BKSDA Kota Bekasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut untuk dilepaskan ke alam liar.

Diketahui, Kota Bekasi merupakan wilayah terparah karena banjir yang menerjang Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada awal tahun 2020.

Aktivitas warga Kota Patriot ini lumpuh pasca banjir yang menerjang Rabu 1 Januari 2020. Meski demikian, kini aktivitas warga perlahan mulai berangsur normal, sekali pun masih ada sejumlah warga yang melakukan bebenah atas banjir kiriman dari Kota Bogor itu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini