nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lubang di Jalan Daan Mogot Hanya Ditutup Pelat Baja

Isty Maulidya, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 19:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 16 338 2153941 lubang-di-jalan-daan-mogot-hanya-ditutup-pelat-baja-bieA2h2wVI.jpg Jalan Daan Mogot Kembali Dibuka Dua Arah (Foto: Okezone/Isty)

TANGERANG - Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut lubang di Jalan Daan Mogot arah Tangerang menuju Jakarta hingga saat ini hanya ditutupi pelat baja.

Pemasangan sementara pelat baja itu sambil menunggu proses pengaspalan yang rencananya akan dilakakan pada Sabtu, 18 Januari 2020.

"Kita tutup dulu pakai baja, terus kita observasi hasil penggunaan bahan pengerasan tanah. Nanti kalau sudah settle atau kuat menahan beban baru kita lakukan pengaspalan," ujar salah satu petugas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian PUPR, Euis Rahayu di lokasi pada, Kamis (16/1/2019).

Selain itu, Euis juga mengungkapkan pihaknya menemui kendala selama proses perbaikan jalan yang ambles. Terutama pada pembuatan gorong-gorong, yang mana di bawah jalan tersebut tertanam banyak jaringan seperti kabel PLN dan pipa PDAM.

Baca Juga: Pasca-Ambles, Jalan Daan Mogot Kembali Dibuka 2 Arah

"Kita alami kendala dalam pembenahannya, khususnya untuk pembuatan jalur air atau gorong-gorong, karena nantinya harus disambungkan ke trotoar. Dan itu agak lama karena masalah utilitas, kita koordinasikan dulu dan setelah dapat izin baru kita bongkar," ujarnya.

Waktu pengaspalan sengaja dilakukan di akhir pekan untuk menghindari kemacetan parah saat proses pengaspalan. Pengaspalan juga akan dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Jalan Daan Mogot Kembali Dibuka Dua Arah (Foto: Okezone/Isty)

"Kita melakukan pengaspalan pada malam hari, supaya tidak mengganggu arus lalu lintas terlalu parah. Pengaspalan itu pun nantinya akan memakan waktu kurang lebih dua jam dan langsung bisa dilalui secara normal. Lalu, pembenahannya kita pindah ke jalur arah Jakarta," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui jalan penghubung antara Tangerang dan Jakarta ini ambles sedalam 2,5 meter dengan diameter 3 meter karena adanya pergeseran tanah.

Akibatnya, jalur arah Jakarta menuju Tangerang sempat ditutup. Tak hanya itu, amblesnya jalan tersebut juga membuat pipa air milik PDAM Tirta Kerta Raharja bocor dan mengakibatkan terganggunya penyaluran air bersih ke 20 ribu pelanggan di Tangerang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini