nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Peran Para Pelaku Penipuan Bermodus Website Palsu

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 13:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 338 2154241 berikut-peran-para-pelaku-penipuan-bermodus-website-palsu-7tHiL4CJbU.jpg Para tersangka kasus penipuan website (foto: Okezone.com/Rizki)

JAKARTA - Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap empat orang pelaku penipuan website, dengan modus manipulasi data perusahaan milik PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Keempat pelaku tersebut berinisial AW (24), ND (29), SB (32), dan MA (31).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan, para pelaku saling berbagi peran yang dikomandoi oleh pelaku AW (24) sebagai otak penipuan tersebut.

"AW ini adalah otak dari yang memegang peranan penting. Dia juga yang mendaftarkan dan membiayai website, serta dia yang menyiapkan peralatan peralatan untuk lakukan penipuan ini," ujar Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

 Baca juga: Polda Metro Bongkar Kasus Penipuan Bermodus Website Palsu

AW juga menyiapkan sebuah sistem aplikasi berupa 'SMS Gateway' untuk mengirim, dan membalas pesan secara acak untuk 'memangsa' para korbannya. Ia juga bertugas mencari rekening aktif yang nantinya digunakan sebagai rekening penampung uang hasil penipuan.

"Ketika orang ditipu ini akan mentransfer uang, dan dialah yang menerima, menarik, dan mentransfer uang di ATM jika ada korban yang sudah mentransfer masuk ke rekeningnya yang sudah ditipu itu," tuturnya.

 Baca juga: Uang Rp500 Juta Didapat Napi yang Ngaku TNI Berasal dari 70 Perempuan

Lalu, kata Yusri, tersangka AW mengajak tersangka ND (29) sebagai orang yang ahli di bidang informasi dan tekhnologi (IT). Dia yang membuat website palsu PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk tersebut dengan beberapa nama website.

"Ia melakukan komunikasi dengan calon korbannya dan juga bertugas mengirim sms, dan menyiapkan konten berisi iklan tentang produk investasi forex (palsu)," tuturnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini