Ini Langkah BPBD Antisipasi Banjir Susulan di Bekasi

Wisnu Yusep, Okezone · Jum'at 17 Januari 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 338 2154304 ini-langkah-bpbd-antisipasi-banjir-susulan-di-bekasi-k6KzJnBu7i.png Warga Bekasi saat bersihkan lumpur pasca-banjir (foto: Okezone.com/Wisnu)

BEKASI - Meski sudah berangsur pulih, bayang-bayang banjir masih menghantui warga Kota Bekasi, Jawa Barat. Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat masih akan terjadi hingga bulan Februari sampai Maret 2020.

Langkah antisipasi pun harus diambil oleh pihak terkait dalam menanggulangi permasalahan ini. Terlebih, Kota Bekasi merupakan wilayah terparah diterjang banjir pada Rabu 1 Januari 2020 lalu.

Agar tidak terulang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Salah satunya memasang posko-posko di sejumlah titik rawan banjir.

"Langkah-langkah yang sudah kita lakukan adalah mendirikan sejumlah tenda dan posko di titik-titik rawan banjir. Kita tahu Bekasi merupakan wilayah terparah diterjang banjir awal tahun," kata Wakil BPBD Kota Bekasi, Karsono kepada Okezone, Jumat (16/1/2020).

Banjir Bekasi

 Baca juga: Kali Bekasi Akan Dinormalisasi Tahun Depan

Pihaknya, kata dia, pasca-banjir pada Rabu 1 Januari 2020 itu selalu siaga dan telah menepatkan personel di wilayah yang berlangganan banjir.

"Seperti di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), personel selalu siaga. Kita juga dibantu oleh personel TNI-Polri," katanya.

Personel-personel itu, kata dia, selalu siaga di sepanjang aliran sungai. Mereka, kata dia, disiagakan untuk melihat ketinggian air terutama di Kali Bekasi, pertemuan Kali Cikeas dan Cileungsi.

"Disana mereka nanti melaporkan, bila ketinggian air sudah mengkhawatirkan maka akan dilaporkan ke personel yang berjaga di setiap perumahan," sambungnya.

Banjir Bekasi

 Baca juga: Korban Banjir di Kabupaten Barru Sulsel Butuh Air Bersih

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Kota Bogor. Terlebih, banjir yang kerap melanda Kota Bekasi merupakan banjir kiriman.

"Disana nanti diberi tahu, ketinggian air di sini sekian, nanti datang ke Bekasi sekian, jadi langkah-langkah antisipasi sudah kita jalankan, kita selalu siap siaga," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini