Puluhan Titik Tanggul di Bekasi yang Rusak Akibat Banjir Mulai Direvitalisasi

Wisnu Yusep, Okezone · Jum'at 17 Januari 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 338 2154347 puluhan-titik-tanggul-di-bekasi-yang-rusak-akibat-banjir-mulai-direvitalisasi-PUXbjZQPCz.jpg Foto Ilustrasi Okezone

BEKASI - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi masih merevitalisasi 89 titik tanggul yang rusak akibat banjir. Kepala DBMSDA Kota Bekasi, Arief Maulana mengatakan, revitalisasi tanggul tersebut akan dibantu oleh 50 tim ahli dari Kementerian PUPR, dengan melakukan perbaikan sementara di daerah tanggul Kali Bekasi.

"Meski perbaikan sementara, namun tetap punya kekuatan yang sama dengan tanggul permanen. Ini dilakukan karena sudah mendesak mengingat banyaknya titik tanggul yang rusak," kata Arief kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

 Baca juga: Ini Langkah BPBD Antisipasi Banjir Susulan di Bekasi

Menurutnya, kerusakan tanggul itu yang menyebabkan banjir besar melanda permukiman warga bahkan di sejumlah titik seperti wilayah Kartini, Bekasi Timur, dan Perumahan Pondok Mitra Lestari Jatiasih. Tanggul-tanggul yang ada di sekitar itu jebol.

 Baca juga: Kali Bekasi Akan Dinormalisasi Tahun Depan

DBMSDA Kota Bekasi, kata dia, saat ini terus menginventarisasi kerusakan infrastruktur yang ada di Kota Bekasi. Koordinasi lintas wilayah pun sudah dilakukan mengingat Kali Bekasi merupakan aliran pertemuan dua sungai yang masing-masing hulunya ada di Kabupaten Bogor.

"Dinding tersebut tidak maksimal dan harus ditinggikan minimal semeter lagi," sambungnya.

Kata dia, peninggian tanggul dilakukan agar saat banjir daya tampung dinding tersebut tidak sampai melimpah ke rumah warga, sehingga dapat meminimalisasi korban banjir.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini