nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawanan Bandit Gondol Besi Konstruksi di Tol Becakayu dan Japek

Wisnu Yusep, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 17:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 17 338 2154415 kawanan-bandit-gondol-besi-konstruksi-di-tol-becakayu-dan-japek-DJhZp5onES.jpg Polisi Tangkap Kawanan Bandit yang Gondol Besi Kontruksi di Tol Becakayu dan Tol Japek (foto: Okezone/ Wisnu Y)

BEKASI - Kawanan pencuri berhasil menggondol besi konstruksi di Tol Bekasi, Cawang dan Kampung Melayu (Becakayu) dan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Kawanan pencuri itu beraksi pada 31 Desember 2019 dan 15 Januari 2020. Ketika melancarkan aksinya, kawanan pencuri itu menyamar sebagai pekerja pekerja proyek tersebut.

Baca Juga: Pencuri Kotak Infak Masjid di Bandung Menyamar Pakai Peci dan Baju Koko 

"Aksinya yang pertama dilakukan pada 31 Desember 2019, di workshop proyek Tol Becakayu, Jalan Kyai Haji Nur Ali dan yang kedua, Rabu 15 Januari 2020 di ruas Tol Jakarta Cikampek Kilometer 20," ujar Kapolsek Bekasi Kota, Kompol Helmi Rustawelli dalam keterangannya, Jumat (17/1/2020).

Polisi Tangkap Kawanan Bandit yang Gondol Besi Konstruksi di Tol Becakayu dan Japek (foto: Okezone/Wisnu Y)	 

Helmi menerangkan, awalnya polisi menangkap dua orang pelaku pencurian besi konstruksi. Namun, beberapa pelaku berhasil kabur dan menjual barang curiannya.

"Pada aksi pertama pelaku tertangkap dua orang yaitu AS dan OS. Untuk pelaku lainnya berhasi melarikan diri dengan membawa barang curiannya," kata dia.

Selanjutnya, para pelaku kembali menjalankan aksinya tersebut di area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Kilometer 20.

"Untuk aksinya yang kedua berhasil diamankan DP alias Dower dan JE berikut barang buktinya," kata dia.

Dalam kasus pencurian ini, pihaknya juga telah berhasil membekuk empat dari delapan pelaku pencuri besi kontruksi Tol Becakayu.

"Dari tangan pelaku kita berhasil mengamankan beberapa besi dan satu buah mobil pick up untuk mengangkut barang curiannya. Kalau dirupiahkan dari barang bukti tersebut mencapai Rp20 Juta," katanya.

Ke delapan pelaku yang sudah diamankan, yaitu AS alias Lala, OS, DP alias Dower, MA, BA, YD dan ED. Dari kedelapan pelaku hingga kini yang masih buron yaitu MA, BA, YD dan ED. Pelaku berinisial BA ditengarai sebagai otak dari kejatahan tersebut.

Baca Juga: Butuh Uang, 2 Perempuan Muda Curi Mesin Mobil lalu Dijual Rp200 Ribu 

"Dari pengakuan pelaku tersebut dari hasil curiannya itu mendapatkan masing-masing sebesar Rp2juta," kata dia.

Dalam perkara ini, para pelaku di jerat pasal 363 ayat 1 butir 4 dan 5, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini