nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trauma Banjir, Warga Kebayoran Berbondong-bondong Pindahkan Barang Berharga ke Tempat Aman

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 14:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 18 338 2154739 trauma-banjir-warga-kebayoran-berbondong-bondong-pindahkan-barang-berharga-ke-tempat-aman-DUmsiiQo1C.jpg Banjir di Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Foto: Okezone.com/Harits Tryan)

JAKARTA - Sebagian warga yang tinggal di wilayah Kebayoran, Jakarta Selatan berbondong-bondong memindahkan harta benda mereka pascahujan deras pagi tadi. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi banjir bakal melanda Jakarta lagi, mengingat prediksi hujan akan turun lagi siang ini.

Salah satunya Ade (45), warga Jalan Bujana Dalam, Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengaku sudah mengantisipasi dengan memindahkan barang-barang berharga ke tempat aman. Apalagi, hujan tadi pagi mengakibatkan banjir setinggi 50 cm akibat meluapnya Kali Grogol serta Kali Jalawe.

“Udah siap siap. Mindahin barang ke atas (rumah),” kata Ade saat berbincang di lokasi, Sabtu (18/1/2020).

Dia berharap, hujan tak kembali mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Ia khawatir banjir akan kembali menerjang permukimannya. “Tapi ya, mudah-mudahan jangan ujan lagi. Nanti banjir lagi,” harapnya.

Baca Juga: Banjir Setinggi 50-100 Cm Sempat Melanda 3 RW di Kelurahan Gunung Jaksel

Banjir di Kebayoran Foto Harits Tryan

Sementara, Lurah Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Dimas Prayudi mengaku sudah melakukan antisipasi jika banjir kembali menerjang wilayahnya. Misalnya, dengan membersihkan saluran air.

“Antisipsinya PPSU, sudah membersihkan saluran, lalu tim dari sumber daya air dari kecamatan juga sudah turun juga ke sini mulai membersihkan drainase,” kata Dimas.

Selain itu, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada, mengingat cuaca masih belum tidak menentu.

“Sudah memberikan informasi kepda warga bahwa cuaca masih tidak menentu. Jadi, kalau memang ada kejadian seperti volume hujan seperti tadi. Di Kelurahan Gunung siap menampung warga untuk evakuasi,” ujar dia.

Baca Juga: Foto-Foto Banjir di Kelurahan Gunung Jakarta Selatan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini