nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Misterius Mewabah di China, Bandara Soetta Siapkan Pemindai Kesehatan

Isty Maulidya, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 13:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 20 338 2155455 virus-misterius-mewabah-di-china-bandara-soetta-siapkan-pemindai-kesehatan-5AlEvxAWto.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

TANGERANG - Mewabahnya virus misterius di Kota Wuhan, China membuat pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) meningkatkan aktivitas pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang asal China.

Hal ini juga dilakukan karena adanya surat edaran dari Kementerian Kesehatan, perihal kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran virus tersebut yang sampai saat ini masih misterius.

Kepala Kantor Kesehatan (KKP) Kelas I Bandara Soetta, Anas Ma'ruf mengatakan, pihaknya telah mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) selama 24 jam. Selain itu sejumlah petugas juga telah ditempatkan di Terminal 3 dan Terminal 2F dengan alat pemindai khusus.

"Kami sudah tingkatkan pengawasan dari seluruh kedatangan baik penumpang maupun barang yang datang dari China. Alat juga dinyalakan selama 24 jam dan kita tingkatkan pengawasannya," ucap Anas, Senin (20/1/2020).

Baca Juga: Korban Virus Misterius China Melonjak 139 Kasus dalam Dua Hari

Anas menambahkan, atap golf car dibuka untuk memudahkan alat memindai suhu tubuh penumpang yang menuju Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Hal tersebut dilakukan supaya tidak ada satupun turis yang melewatkan pemeriksaan kesehatan.

"Atap golf car juga dibuka supaya penumpangnya bisa dideteksi alat kesehatan lebih menyeluruh," jelasnya.

Meskipun sampai saat ini belum ditemukan adanya penumpang yang terinfeksi virus tersebut, namun pihak KKP Kelas I Bandara Soetta akan tetap melakukan antisipasi dan juga meningkatkan kewaspadaan sampai adanya keterangan aman dari Kementerian Kesehatan.

"Sampai saat ini belum ada laporan. Tapi kami akan tetap tingkatkan kewaspadaan khususnya di terminal penerbangan internasional sampai adanya surat kementerian kesehatan yang menyatakan kalau sudah aman" tutupnya.

Diketahui, pihak berwenang China telah melaporkan 139 kasus baru virus misterius dalam dua hari terakhir. Situasi itu menandai pertama kalinya infeksi telah dikonfirmasi di China menyebar ke luar Kota Wuhan. Kasus-kasus baru diidentifikasi di kota-kota Wuhan, Beijing dan Shenzhen.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini