Komisi B DPRD DKI Temukan Sejumlah Kejanggalan Revitalisasi Monas

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 21 Januari 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 338 2156213 komisi-b-dprd-dki-temukan-sejumlah-kejanggalan-revitalisasi-monas-TnLXK4p480.jpg Revitalisasi Monas. (Foto : Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga, mengaku pihaknya menemukan beberapa kejanggalan dalam pengerjaan revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Itu diketahui setelah pihaknya meninjau lokasi proyek tersebut.

"Kecolongan kita. Ini enggak kelihatan dari jalan. Setelah lihat makin curiga, kita makin pertanyakan," kata Pandapotan di DPRD DKI Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Kejanggalan itu di antaranya penebangan ratusan pohon dalam revitalisasi. Padahal, menurut Pandapotan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta telah berjanji memindahkan pohon itu, tapi setelah ditanyakan ke pihak kontraktornya, mereka tidak bisa menjawab akan dipindahkan ke mana.

"Pekerjaan ini adalah dalam rangka yang dikatakan revitalisasi Monas adalah memindahkan pohon. Yang katanya dipindahkan, bukan ditebang. Giliran kita di sini kita lihat, bukan dipindahkan malah ditebang," katanya.

Pembangunan Plaza Selatan Monas Ditargetkan Kelar Bulan Depan

Tak hanya itu, Komisi B juga menemukan papan pemberitahuan proyek yang tertulis pengerjaan menggunakan anggaran 2019 dengan masa kerja hanya 50 hari kalender sejak 12 November. Jika berpatokan pada informasi tersebut, seharusnya pengerjaan sudah selesai dilakukan karena telah melebihi batas waktu.

"Makanya saya terkejut juga melihat pekerjaan ini. Kok dipaksain seperti ini. Toh kan kalau pekerjaan anggaran 2019 bisa dikerjakan 2020 pakai anggaran apa? Makanya kita pertanyakan pada pihak perusahaan enggak ada yang bisa jawab. Kita cek ke papannya anggaran 2019 dan dikerjakan 50 hari kerja dan kontraknya sekitar November," kata dia.

Komisi B akan menyampaikan hasil temuan itu kepada pimpinan parlemen Kebon Sirih, dan mempertanyakan ke Dinas Citata.

"Kita akan bersurat nanti kita pertanyakan ke (Dinas) Citata. Makanya habis ini kita rapat internal. Nanti akan kita koordinasi dan lapor pimpinan," kata dia.

Pembangunan Plaza Selatan Monas Ditargetkan Kelar Bulan Depan

Sebagaimana diketahui, Dinas Citata DKI sedang merevitalisasi kawasan Monas. Imbasnya, 190 pohon di sisi selatan Monas ditebang untuk dipindahkan ke area barat, timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka atau eks parkir IRTI.


Baca Juga : Monas Direvitalisasi, 190 Pohon Ditebang

"Saat ini proses revitalisasi mulai dilaksanakan di area Plaza Selatan seluas 34.841 m2. Ada 190 pohon di area Selatan, yang akan dilakukan pemindahan," kata Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri.

Proyek itu dikerjakan sejak 2019, dan ditargetkan selesai pada 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini