nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Info Peringatan Banjir Jakarta Dinilai Lebih Efektif Menggunakan Handy Talky

Rabu 22 Januari 2020 10:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 22 338 2156461 info-peringatan-banjir-jakarta-dinilai-lebih-efektif-menggunakan-handy-talky-hvkfpkd3Ci.jpg Ilustrasi handy talky. (Foto: Ist)

JAKARTA – Warga langganan banjir luapan Kali Ciliwung di Bidara Cina, Jakarta Timur, tidak setuju dengan alat peringatan dini banjir atau disaster warning system (DWS). Pembelian alat DWS berupa toa atau pengeras suara yang berfungsi sebagai alarm peringatan dini banjir dengan harga fantastis mencapai Rp14 miliar terkesan pemborosan.

Ketua RW 07 Mamat Sahroni meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih cermat dalam menggunakan anggaran. Sebab, pemasangan DWS bukan menyelesaikan akar persoalan banjir di Ibu Kota.

Baca juga: Revitalisasi Perum PGP Bekasi Akan Contek Konsep Banjir Kanal Timur 

"Menolak sih enggak, kita cuma warga, tapi menurut saya itu buang-buang anggaran karena DWS di Pos RW 07 saja enggak berguna," kata Mamat di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (22/1/2020), mengutip dari Sindonews.

Pengalaman warga sama sekali belum pernah merasakan manfaat kehadiran alat peringatan dini banjir tersebut yang notabene pemberian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Baca juga: Banjir Kembali Rendam Permukiman Harapan Jaya Bekasi 

Sudah empat tahun DWS terpasang di Pos RW 07 belum pernah empat alat yang terpasang di tiang berbunyi guna memberikan peringatan dini.

"Usul saya beli handy talky untuk evakuasi warga agar prosesnya lebih mudah, karena setiap banjir masalah evakuasi sangat sulit," ujarnya.

Menurut dia, evakuasi lebih mudah karena masing-masing ketua RT dapat berkoordinasi lewat handy talky mengabarkan tinggi air.

"Ketinggian air di masing-masing wilayah RT berbeda, tergantung kontur permukaan tempat warganya tinggal," jelasnya.

Baca juga: Polisi Kejar Bos Tambang Emas Tanpa Izin di Lebak 

Pengeras suara Toa di Bidara Cina, Jakarta Timur. (Foto: Okto Rizki Alpino/Sindonews)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini