nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Proses Pemilihan Wagub DKI Pengganti Sandiaga

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 19:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 338 2156819 begini-proses-pemilihan-wagub-dki-pengganti-sandiaga-1cDCZ8n99e.jpg Ilustrasi Cawagub DKI Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menyerahkan dua nama calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno ke DPRD. Bola kini ada di legislatif. Lalu, bagaimana proses pemilihannya di Parlemen Kebon Sirih?

Wakil Ketua DPRD Jakarta sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra DKI, Mohamad Taufik proses pemilihan wagub ada beberapa tahapan, salah satunya adalah rapat paripurna.

DPRD akan menggelar Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) untuk menyepakati tata tertib (tatib) pemilihan wagub DKI pada 27 Januari 2020.

Setelah itu, akan disahkan tatib pemilihan wagub pada 29 Januari 2020 di dalam rapat paripurna.

"Rapimgab 27, paripurna pengesahan tata tertib insya Allah 29 Januari," kata Taufik di DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Muhamad

Baca Juga: Gerindra Optimis Riza Patria yang Akan Jadi Wagub DKI

Selanjutnya di hari yang sama jajaran Parlemen Kebon Sirih akan membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) wagub DKI. Kata dia, masing-masing fraksi mengirimkan satu orang perwakilan yang dipilih masuk ke panlih.

Adapun tugas dari panlih itu ialah memeriksa kelengkapan administratif dari dua cawagub terpilih; Nurmanajah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

"Panitia pemilihan kerjalah sehari dua hari untuk melakukan pengecekan administratif persyaratan para calon wagub. Kan ada persyaratannya di dalam tata tertib itu," katanya.

Bila pemeriksaan persyaratan administrasi sudah selesai, kata dia, proses selanjutnya ialah Badan Musyawarah (Bamus) DPRD menggelar rapat untuk menentukan hari Rapat Paripurna pemilihan wagub DKI Jakarta.

"Akan dibamuskan untuk menetapkan jadwal paripurna pemilihan, insya Allah," ujarnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini