nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soroti Revitalisasi Monas, Ketua DPR Minta Ikon Indonesia Jangan Diubah

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 21:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 22 338 2156877 soroti-revitalisasi-monas-ketua-dpr-minta-ikon-indonesia-jangan-diubah-QTGwWjOHMN.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani turut menyoroti revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas) yang tengah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Puan meminta alangkah baiknya kawasan Monas tidak diubah dan tetap dikembalikan ke bentuk aslinya. "Jangan ubah Monas, tapi kembalikan Monas seperti aslinya," ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Menurut Puan, Monas menjadi salah satu ikon dari bangsa Indonesia. Karena itu, Monas haruslah dijaga sebagai aset dari negara.

"Monas sebagai Monumen Nasional, tentu saja salah satu yang menjadi ikon penting dari Republik Indonesia. Jadi, itu harus dijaga," tegasnya.

Revitalisasi

Baca Juga: Pemprov DKI Tegaskan Revitalisasi Monas Bukan untuk Formula E

Sebagaimana diketahui, Dinas Citata DKI sedang merevitalisasi kawasan Monas. Imbasnya, 190 pohon di sisi selatan Monas ditebang untuk dipindahkan ke area barat, timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka atau eks parkir IRTI.

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (CKTRP), Heru Hermawanto, menjelaskan alasan pihaknya menebang 190 pohon di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, dalam revitalisasi salah satu ikon wisata di Ibu Kota tersebut.

"Saat ini proses revitalisasi mulai dilaksanakan di area Plaza Selatan seluas 34.841 m2. Ada 190 pohon di area Selatan, yang akan dilakukan pemindahan," kata Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri.

Proyek itu dikerjakan sejak 2019, dan ditargetkan selesai pada 2021.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini