nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luthfi Ngaku Disetrum Penyidik, Polri: Tunggu Sidangnya Selesai

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 13:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 23 338 2157151 luthfi-ngaku-disetrum-penyidik-polri-tunggu-sidangnya-selesai-DvnUKimncQ.JPG Dede Luthfi Alfiandi saat menjalani sidang di PN Jakpus (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Terdakwa Dede Luthfi Alfiandi (20) mengaku disetrum oleh penyidik agar mengaku melempar batu ke polisi saat aksi pelajar tolak RKUHP di Gedung DPR. Hal itu dikatakannya saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin 20 Januari 2020.

Menanggapi keterangan itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, saat ini sidang perkara tersebut belum selesai. Dengan demikian belum bisa disimpulkan benar tidaknya peristiwa tersebut.

"Kan belum selesai sidangnya, ya nanti tunggu selesai sidangnya. Kalau buat baju baru lengan doang kok ditanya udah jadi belum," kata Argo sambil tersenyum di Gedung Kemhan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Argo mempersilakan bila terdakwa ingin melaporkan hal itu ke Propam Polri. Namun itu bisa dilakukan setelah selesai sidang. "Ya, nanti kalau sudah selesai sidangnya ya," imbuh dia.

Dalam persidangan kemarin, Luthfi membeberkan soal penyiksaan tersebut. Ia mengaku disetrum penyidik sekitar 30 menit untuk mengaku melempar batu ke arah petugas.

"Saya disuruh duduk, terus disetrum, ada setengah jam. Saya disuruh ngaku kalau lempar batu ke petugas. Padahal saya tidak melempar," tuturnya.

Luthfi kemudian mengaku telah melempar petugas lantaran tidak kuat menahan tekanan yang dilakukan petugas. "Saya saat itu tertekan makanya saya bilang akhirnya saya lempar batu. Saat itu kuping saya dijepit, disetrum, disuruh jongkok juga," katanya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini