Anies Bebaskan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Listrik

Sarah Hutagaol, Okezone · Kamis 23 Januari 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 338 2157340 anies-bebaskan-pajak-bea-balik-nama-kendaraan-listrik-1PfsDeO9t1.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, akan membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) bagi kendaraan bermotor energi listrik. 

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020, yang memuat kebijakan Insentif Pajak BBN-KB atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Maka, setiap warga DKI yang memiliki atau berencana membeli kendaraan bermotor berbasis listrik, baik roda dua maupun roda empat dapat menikmati insentif pembebasan pajak BBN-KB.

"Jadi, terhitung mulai tahun 2020, kegiatan jual-beli, tukar menukar, hibah, warisan, kendaraan motor berbasis listrik, baik roda empat maupun roda dua, diberikan pembebasan pajak bea balik nama," kata Anies di Balairung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Ada Pembangunan Underpass Senen, Dishub DKI Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kendaraan Listrik

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan, aturan ini berlaku untuk kendaraan pribadi maupun umum. Asalkan, kendaraan tersebut memenuhi syarat, yakni murni kendaraan listrik.

"Kebijakan ini tidak berlaku untuk jenis kendaraan hybrid atau pun kendaraan semi listrik. Jadi, hanya kendaraan bermotor yang 100 persen menggunakan listrik berbasis baterai," tutur Anies.

Diketahui, aturan ini mulai berlaku pada 15 Januari 2020 sampai 31 Desember 2024 untuk kendaraan pribadi dan kendaraan yang digunakan untuk transportasi umum listrik berbasis baterai.

Kebijakan ini juga untuk mendukung dalam mengatur dan mengendalikan kualitas udara di Jakarta seperti tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019.

Baca Juga: Pemprov DKI Tegaskan Revitalisasi Monas Bukan untuk Formula E 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini