nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simpan Brownies Ganja di Apartemen, Warga Amerika Diciduk Polisi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 19:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 23 338 2157371 simpan-brownies-ganja-di-apartemen-warga-amerika-diciduk-polisi-leRwRDMP81.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menciduk seorang warga Amerika Serikat bernama Cecoy Chevenye Burnett (27) di Apartemen Park View, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Cecoy ditangkap lantaran menyimpan narkoba berupa brownies ganja seberat 1 kilogram.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnama, mengatakan saat penggeledahan, Senin 20 Januari 2020, polisi juga menemukan lima liquid vape atau rokok elektrik dengan kandungan THC dari Cecoy.

"Dari hasil penggeledahan ini kami mendapatkan, beberapa barang bukti di antaranya adalah seperti ini kue yang berbentuk brownies yang kandungannya mengandung ganja. Beratnya kurang lebih 1 Kilogram, kemudian ada beberapa cairan untuk vape, ada lima," kata Bastoni di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis, (23/1/2020).

Baca Juga: Berdalih Tak Dilarang Agama, Ustadz di Bangkalan Konsumsi Sabu Selama 10 Tahun 

Pihaknya juga menemukan barang bukti lain berupa papir, daun ganja kering, hingga alat penghancur bunga ganja. Berdasarkan pengakuan pelaku, barang haram itu dibawa dari negeri Paman Sam.

"Ya, jadi browniesnya ini sudah jadi. Jadi dibawa ke Indonesia sudah jadi, dibuat di sana di Amerika di California tempat tinggalnya tersangka termasuk cairan ini juga sudah dibikin di sana, masuk ke Indonesia sudah dalam bentuk seperti ini," ujarnya.

Ilustrasi 

Bastoni menuturkan, akan menelusuri motif pelaku menyimpan barang haram tersebut. Sebab, diduga bukan hanya untuk konsumsi pribadi, tapi juga untuk diedarkan.

"Kami terus dalami (indikasi soal mengedarkan). Kita kerja sama dengan pihak kepolisian Amerika bagaimana pengembangannya, apakah ada keterkaitan jaringan dan sebagainya, akan kami dalami kemungkinan-kemungkinan tersebut," katanya.

Menurut Bastoni, Cecoy sudah hampir lima kali berkunjung ke Indonesia. Ganja tersebut dimasukkan ke dalam tas dan diletakkan di kabin pesawat.

"Keterangan dari tersangka sudah empat sampai lima kali datang ke Indonesia. Pelaku membawa barang-barang ini semuanya dalam kabin di tas, bukan di bagasi. Kemudian, ya tadi untuk mengelabuinya itu tersangka membuat kue seperti ini," ujar dia.

Baca Juga: Sopir dan Kondektur Bus Jadi Pengedar Sabu 1 Kg 

Atas perbuatannya, Cecoy dijerat Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 112 Ayat (2) dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini