nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jebol Sistem Parkir, Kawanan Bandit Gasak 6 Motor di Tangerang

Hambali, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 24 338 2157976 jebol-sistem-parkir-kawanan-bandit-gasak-6-motor-di-tangerang-SvYzrxN5zS.jpg Polisi menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor di Tangerang (Foto: Okezone/Hambali)

TANGERANG - Tiga sekawan berinisial AN (30), JM (32), dan M berhasil menggasak enam sepeda motor. Mereka menjebol sistem parkir dengan pembayaran digital di Jalan Boulevard Palem Raya, Bencongan Indah, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Bukan hanya di lokasi tersebut, para pelaku juga beraksi di parkiran Sky Parking, Belakang Kondominium Lippo Karawaci. Lokasi parkir itu umumnya digunakan mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH). Berdasarkan catatan polisi, mereka telah beraksi enam kali hingga akhirnya tertangkap.

Baca Juga: Polri Bekuk 3 Pelaku Sindikat Internasional Pembobolan E-Commerce

Kapolsek Kelapa Dua AKP Supriyanto menerangkan, salah satu tersangka berinisial JM diketahui merupakan residivis untuk kasus yang sama. Bahkan, JM harus diberi tindakan tegas terukur di bagian kaki karena berusaha melawan petugas.

"Tersangka AN ini berprofesi sebagai ojol (ojek online), sedangkan JN ini pengangguran sekaligus residivis pencurian juga. Kalau untuk M masih kita kejar, statusnya DPO (daftar pencarian orang)," katanya kepada Okezone, Jumat (24/1/2020).

Ilustrasi

Aksi pencurian para pelaku sempat terekam kamera Close Circuid Television (CCTV) pada Rabu 4 September 2019, sekira pukul 10.00 WIB dan viral di media sosial. Pelaku AN dan M terlihat masuk ke dalam parkiran berboncengan dengan satu sepeda motor.

Melalui aplikasi yang dimiliki, mereka leluasa keluar-masuk ke dalam parkiran dengan cara menjebol sistem digital. Setelah menentukan motor target, pelaku M langsung "memetik" menggunakan kunci leter T.

"Keduanya masuk berboncengan, lalu keluar dengan mengendarai pula motor yang dicuri. Jadi, tersangka selanjutnya keluar dari parkiran secara bersamaan dengan menggunakan aplikasi (fintech) milik mereka," kata Supriyanto.

Baca Juga: Kasus Pencurian 40 Laptop di SMP 33 Kota Bekasi, Polisi Dalami Keterlibatan Orang Dalam

Berdasarkan rekaman CCTV, petugas akhirnya mengetahui identitas para pelaku. Perburuan mencari keberadaan AN dan M pun dilakukan hingga ke daerah Bekasi, Jawa Barat hingga Minggu 12 Januari 2020, AN berhasil diciduk.

"AN kita tangkap di rumahnya. Kemudian, kita amankan pula tersangka JM. Kita masih telusuri keberadaan barang hasil curian ini dijual ke siapa, totalnya kalau enam lokasi itu berarti enam kendaraan. Pengakuan tersangka motor-motor itu dijual ke daerah Rangkasbitung (Banten)," ujarnya.

Beberapa barang bukti yang diamankan dari AN dan JM antara lain, seunit helm merek GM, tas selempang Consina, sebuah jaket, seunit handphone, serta kunci leter T dan beberapa anak kuncinya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Mereka diancam hukuman kurungan penjara selama 9 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini