nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah 7 Sumur di Vihara Gayatri Depok dan Beragam Khasiatnya

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 17:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 25 338 2158254 kisah-7-sumur-di-vihara-gayatri-depok-dan-beragam-khasiatnya-MDh1toGES9.jpg Jemaat ketika mandi di 7 sumur Vihara Gayatri (foto: Okezone.com/Wahyu)

DEPOK - Perayaan tahun baru China atau Imlek masyarakat Tionghoa, dan warga keturunan lainnya rutin melakukan ibadah di vihara, salah satunya Klenteng Vihara Gayatri di Jalan Masjid Al Falah, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Aroma sio atau dupa terasa menyengat ketika masuki pelataran vihara, sejumlah jemaat terlihat khusyuk melakukan peribadatan untuk sembahyang berdoa kepada dewa, dan para leluhur. Tujuannya untuk menghapus seluruh dosa- dosa yang telah diperbuat.

Tak hanya tempat sembahyang, rumah ibadah yang berdiri sejak tahun 1983 silam itu juga terdapat tujuh sumur yang dipercaya mampu memiliki khasiat beragam. Keberadaanya ada sejak tiga tahun berdirinya vihara.

 Baca juga: Warga Manfaatkan Tahun Baru Imlek 2571 Berkumpul di Kelenteng

Pengurus Vihara Gayatri, Darmawan mengatakan, ketujuh sumur tersebut yakni, Sumur Sri Ningsih guna menerangkan lahir batin, Sri Waras guna sehat dan sentosa, Sri Lungguh untuk kedudukan derajat.

 Sumur 7 di Depok

Sri Kunaratih Kumadjaya untuk cari jodoh, Sri Rezeki guna usaha cari rezeki, Dewi Sri Mulyasari untuk pengobatan, dan Sri Pontjo Warno guna tolak malapetaka.

"Setiap jemaat yang datang diharuskan menjaga sopan santun saat mandi, dianjurkan bersujud, dan menjaga jarak agar tak bagian tubuh tak sampai masuk sumur. harus berniat dulu dalam hati," kata dia di Vihara Gayatri, Sabtu (25/1/2020).

Saat mandi, jemaat dianjurkan untuk melempar satu sampai lima koin untuk menembus segala yang dilakukan selama satu tahun. "Kalau untuk melempar koin enggak diharuskan, itu cuman anjuran saja," ucapnya.

Koh Cicin sapaan akrab Darmawan mengaku, jemaat yang datang pun bahkan diperbolehkan memboyong air sumur untuk dibawa pulang dengan menggunakan dirigen.

Awal Mula 7 Sumur Berkhasiat

 

Keberadaan ketujuh sumur di Vihara Gayatri bermula dari cerita mimpi ibundanya yang menggali sumur di dalam vihara, herannya mimpi itu selalu hadir selama 3 malam berturut-turut. Pihak keluarga akhirnya putuskan mewujudkan impian itu dalam bentuk nyata.

"Setelah tanah di belakang Vihara tersebut digali, baru 1,5 meter langsung keluar mata air dengan air yang mengalir sangat deras. Penggalian sumur tersebut dilakukan di tujuh titik berdampingan sesuai dengan apa yang ada di mimpi sang ibu," jelasnya.

 Sumur 7 di Depok

Mulai saat itu, ada seorang laki-laki dengan kondisi lumpuh datang bersama keluarganya mencari sumur yang ada di mimpi. Setelah berkeliling ke berbagai kota, akhirnya orang tersebut menemukan lokasi yang sesuai mimpinya yaitu sumur tujuh yang ada di lingkungan Vihara Gayatri.

Setelah, mandi di sumur tersebut kesehatannya semakin meningkat, hingga dirinya beberapa kali datang untuk terapi pengobatan. Itu ia lakukan hingga dirinya sembuh total dan kembali hidup normal menjalani hari-harinya seperti sedia kala. Sejak saat itu, warga mulai berdatangan untuk mandi dan membawa pulang air yang dianggap punya khasiat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini