Hujan Tak Surutkan Umat Konghucu Beribadah di Tahun Baru Imlek

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 25 Januari 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 25 338 2158279 hujan-tak-surutkan-umat-konghucu-beribadah-di-tahun-baru-imlek-rrNdSI36Uf.jpg Umat Konghucu beribadah di Tahun Baru Imlek (Foto : Okezone.com/Putra RA)

BOGOR - Sejumlah Umat Konghucu merayakan Tahun Baru Imlek 2571 di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat. Hujan yang sempat mengguyur lokasi tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap beribadah.

Sejak pagi, warga Tionghoa dari berbagai daerah silih berganti mendatangi Vihara Dhanagun. Mereka nampak khusyuk berdoa dan menyampaikan harapan-harapannya di bawah rintik hujan.

Pengurus Vihara Dhanagun Ayung mengatakan menuturkan, momentum Imlek tahun ini sama seperti biasanya di mana Umat Konghucu melakukan intropeksi diri agar lebih baik di tahun mendatang.

Ilustrasi (Foto : Okezone.com/Putra RA)

"Momentum ini mereka yang baik akan melakukan intopeksi diri agar lebih baik lagi, membersihkan hati dan juga kumpul bersama keluarga untuk saling bertegur sapa," kata Ayung, Sabtu (25/1/2020).

Untuk shio, tambah Ayung, semua memiliki nilai dalam kehidupan. Di mana, sebuah simbol agar setiap pergantian tahun individu-individu bisa lebih baik lagi bisa berhati-hati lagi dan selalu optimis.

"Maknannya (shio) untuk memberikan peringatan, pengajaran untuk kehidupan, itulah sebabnya di belakangnya itu ada kayu, api, tanah, logam atau air. Jadi itu simbol kita tau maknanya apa," ungkapnya.

Baca Juga : 5 Pantangan dalam Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek

Untuk diketahui, puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kota Bogor akan digelar kegiatan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) di kawasan Vihara Dhanagun pada Sabtu 8 Februari 2020.

Dalam kegiatan tersebut, akan menampilkan berbagai atraksi hingga pawai kebudayaan dari dalam negeri dan beberapa mancanegara. Diharapkan CGM ini dapat dijadikan ajang pemersatu bangsa, agama, budaya dan etnis di Indonesia khususnya Kota Bogor.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini